Rabu, 02 Mei 2018 18:14 WITA

Triwulan I, Investasi di Sulsel Capai Rp2,1 Triliun

Editor: Nur Hidayat Said
Triwulan I, Investasi di Sulsel Capai Rp2,1 Triliun
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulsel, AM Yamin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sulsel mencatat realisasi investasi pada triwulan I 2018 mencapai yakni Rp2.1 triliun.

Rinciannya, investasi Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp1,480 triliun. Jumlah tersebut lebih besar daripada realisasi investasi Penanam Modal Asing yang sebesar Rp697 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulsel, AM Yamin, menuturkan jumlah realisasi pada triwulan I ini sudah cukup tinggi, namun masih berada di bawah triwulan I tahun 2017 lalu yang mencapai sekitar Rp2,9 triliun.

"Jumlahnya memang tidak seperti di triwulan I tahun sebelumnya. Ini terjadi secara alamiah, tidak ada hambatan berarti. Malah, kalau kita lihat pada realisasi yang sama pada lima tahun terakhir, jumlah ini termasuk tinggi," ungkapnya dalam press conference di Gedung DPMPTSP, Rabu (2/5/2018).

Ia mengaku, realisasi di triwulan I yang terbilang tinggi, membuat pihaknya optimistis bisa mencapai target realisasi investasi di 2018 yakni, Rp10 triliun.

"Karena ini cukup tinggi, maka triwulan berikutnya secara alamiah juga bisa tinggi. Kita optimis bisa capai target," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, investasi sangat berperan di balik pertumbuhan ekonomi Sulsel yang cukup tinggi. "Masyarakat perlu pahami kondisi daerah kita masih dalam keadaan yang kondusif. Pengusaha kita bisa melihat cukup perputaran ekonomi, sehingga para pengusaha kita ini tidak memiliki keraguan, bahkan semanikn minat unthk menambah investasinya," jelasnya.