19 June 2016 09:59 WITA

Agustus, PHRI Bakal Serius Garap Wisata Syariah

Editor: Jumardin Akas
Agustus, PHRI Bakal Serius Garap Wisata Syariah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Halal Tourism atau pariwisata berbasis syariah dinilai merupakan pasar wisata baru yang sedang disukai pasar global. Saat ini beberapa negara seperti Malaysia, Brazil, Thailand, bahkan Korea Selatan telah menyatakan diri sebagai negara penyedia halal tourism.

Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga mengatakan,  potensi pengembangan pasar wisata syariah di Makassar cukup besar. Selain pangsa pasarnya yang jelas, dimana lebih dari 180 juta jiwa penduduk indonesia adalah muslim. Selain itu, diluar negeri, Makassar juga telah dikenal sebagai kota religius yang setiap sudut kotanya sudah tersedia makanan halal, masjid, bahkan lokasi wisata sejarah islam.

"Jadi saya rasa untuk membangun Makassar menjadi kota halal tourism itu tidaklah sulit, karena imej halal sudah ada pada Makassar sejak dulu. Jadi tidak sesulit bali ataupun manado misalnya," kata Anggiat saat ditemui Rakyatku.com disela-sela kegiatan seminar halal tourism di Hotel Singgasana, Sabtu kemarin (18/6/2016).

Anggiat melanjutkan, melihat peluang pasar wisata halal ini, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan anggota PHRI se Sulsel. Agustus mendatang PHRI akan langsung melakukan pemetaan terhadap hotel-hotel dan restoran yang bisa mengambil sertifikat halal dan menjadi alternatif pilihan wisata syariah.

"Dalam waktu dua bulan ke depan mungkin sudah bisa jalan. Dan kita akan seriusi potensi besar ini," katanya

Tags
wisata