Minggu, 15 April 2018 22:43 WITA

Persembahan Mel Ahyar di Catwalk CBFW, Tutup FEMME dengam Apik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Persembahan Mel Ahyar di Catwalk CBFW, Tutup FEMME dengam Apik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Desainer Mel Ahyar menjadi penampil pamungkas, karena menjadi satu-satunya fashion show dalam penutupan pagelaran The International  Woman Exibition (FEMME) dan Celebes Beauty Fashion Week (CBFW), Minggu (15/4/2018).

Pada kesempatan tersebut, Mel Ahyar menampilkan koleksi Art-Couture SS18. Desainer yang sudah aktif di dunia fashion sejak 2016 ini,  engeksplorasi perspektif tentang kekuatan imajinasi. 

"Manusia telah menghuni bumi semenjak jutaan tahun yang lalu, dan dengan kekuatan pikirannya, manusia menguasai bumi," kata anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) ini. 

Situasi inilah, lanjut Mel, telah menyentuh imajinasinya untuk menciptakan dunia baru. Di dalam konservasi imajinasinya, Mel Ahyar menciptakan 10 habitat berisi makhluk hidup yang bermutasi dari bentuk aslinya di dunia nyata. 

"Langit, taman, hutan, laut, rawa, savana, padang pasir, gunung api, goa dan taiga, adalah habitat-habitat dunia yang dimutasi melalui imajinasi menjadi makhluk-makhluk dengan bentuk dan kebiasaan yang jauh berbeda dengan bentuk aslinya di dunia nyata," jelasnya.

Tidak heran jika pada koleksi yang ditampilkan, akan ada detail Ubur-ubur terbang, jamur berjalan, jerapah leher melingkar, pohon menari dan masih banyak lagi makhluk lain yang diilustrasikan sebagai detail utama dari koleksi SS18 ini. 

Persembahan Mel Ahyar di Catwalk CBFW, Tutup FEMME dengam Apik

Bahan dengan tekstur yang ringan seperti tulle, silk dan organdy dipilih untuk merepresentasikan nuansa khayal. Begitu pula dengan palet warna pastel seperti nude, off-white, abu, merah muda dan hitam. 

Siluet A-line mendominasi, dilengkapi dengan oversized outer dan gaun panjang berpotongan mermaid, keseluruhan koleksi kali ini mempersembahkan gaun malam dengan nuansa lembut namun tetap twisted dengan ciri khas Mel Ahyar yang selalu menampilkan sisi lain dari cantik. 

Sentuhan detail sangat kuat diaplikasikan pada koleksi, teknik 3D yang diaplikasikan muncul tenggelam pada layer-layer kain dalam bentuk bordir, prints, sulam tangan, kristal, dan aplikasi silicon gel yang menyala dalam gelap menjadi bagian dari estetika couture yang erat dengan teknik kerja buatan tangan yang rumit.