Kamis, 05 April 2018 18:56 WITA

Pemprov Sulsel dan Bulog Siapkan Pasar Induk Beras di Parepare

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemprov Sulsel dan Bulog Siapkan Pasar Induk Beras di Parepare

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Badan Urusan Logistik (Bulog) menandatangani nota kesepahaman terkait pembangunan Pasar Induk Beras di Gedung Karaeng Pattingaloang, Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (5/4/2018). 

Pasar induk ini nantinya melakukan pengendalian harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan. 

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, keberadaan pasar induk sudah sangat mendesak untuk menunjang stabilisasi harga beras sampai bulan puasa.

"Pasar induk juga berfungsi untuk menjaga alur keluar masuk beras dan menjaga ketersediaan stok. Adapun lokasi pasar induk nantinya berada di daerah Lapadde, Kota Parepare," kata SYL. 

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog, Imam Subowo mengatakan, selama sepekan timnya akan berkunjung ke  Parepare untuk mempersiapkan perizinan dan lainnya. 

"Karena kita menargetkan pasar induk sudah beroperasi tahun ini. Nantinya pasar induk tersebut akan dilengkapi empat gudang dengan kapasitas masing-masing 10 ribu ton," jelasnya. 

Lebih jauh Imam menjelaskan, setiap gudang akan disiapkan mesin rice to rice yang berfungsi memproses beras asalan menjadi lebih berkualitas. 

"Selain itu gudang penyimpanan Bulog itu didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan aktivitas transaksi jual beli secara langsung bisa terlaksana," kata dia.