Kamis, 05 April 2018 16:25 WITA

Industri Siap Serap 1,4 Juta Ton Garam Petani Lokal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Industri Siap Serap 1,4 Juta Ton Garam Petani Lokal

RAKYATKU.COM - Industri pengolah garam nasional berjanji akan mengoptimalkan penyerapan garam hasil produksi petani lokal. Penyerapan garam hasil produksi dalam negeri itu ditargetkan sebanyak 1,4 juta ton pada tahun 2018.

Pada tahap awal, sebanyak 10 industri pengolah garam telah berkomitmen menyerap garam dalam negeri sekitar 964 ribu ton dari 105 petani garam lokal. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menjelaskan, garam merupakan komoditas strategis yang penggunaannya sangat luas. Mulai untuk konsumsi rumah tangga hingga diperlukan sebagai penopang proses produksi di industri aneka pangan, pengeboran minyak, petrokimia, bahkan industri popok bayi.

“Kalau makanan tanpa garam, tentu rasanya hambar. Selain itu, tidak ada produk kertas yang tercetak jika tanpa garam,” kata dia, Kamis (5/4/2018).

Kemenperin mencatat, kebutuhan garam nasional tahun 2018 diperkirakan sebanyak 4,5 juta ton. Jumlah itu terdiri atas kebutuhan industri sebesar 3,7 juta ton dan konsumsi sekitar 800 ribu ton. 

Sementara itu, guna mendukung keberlanjutan produksi di sektor industri, pemerintah telah menerbitkan izin impor garam industri pada tahun 2018 sebesar 3,016 juta ton.

Dengan kebutuhan garam yang tinggi tersebut, pemerintah juga berharap ada yang bisa dihasilkan dari produksi dalam negeri. 

Tags