Jumat, 30 Maret 2018 10:06 WITA

Sekolah Entrepreneur, Diskop Sulsel Sediakan Modal Usaha

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Sekolah Entrepreneur, Diskop Sulsel Sediakan Modal Usaha

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mencetak enterpreneur muda, Dinas Koperasi dan UKM Sulsel melaksanakan Sekolah Enterpreneur bagi pelajar Sulsel.

Pada sekolah enterpreneur ini, Diskop dan UKM Sulsel tidak hanya menjelaskan materi, tetapi juga memberikan praktek langsung, dengan mewajibkan membuat sebuah produk wirausaha. 

Rencananya, April mendatang, puluhan peserta dari program sekolah Entrepreneur ini akan turun ke lapangan, untuk memasarkan produknya, yang sebelumnya telah dibuat dan di-branding.

"Mereka akan turun ke lapangan, kebanyakan usahanya di bidang kuliner," kata Kepala Diskop Sulsel, Abd Malik Faisal.

Lebih lanjut, Malik mengungkapkan, setiap kelompok yang terdiri dari lima orang itu diwajibkan membuat produk yang masih jarang ditemui di pasaran. Salah satu contohnya yakni kue brownis yang bahan bakunya berasal dari ubi kayu.

"Mereka memanfaatkan bahan yang mudah ditemui di sekitar lingkungannya. Apalagi, singkong itu kan seringkali dianggap inovasinya itu-itu saja. Tapi kali ini mereka hadirkan yang beda. Dan rasanya enak, saya kemarin sempat coba," tambahnya.

Tidak hanya memberikan ilmu mengenai wirausaha saja, Diskop dan UKM Sulsel juga memberikan modal usaha bagi peserta untuk memasarkan produknya di masyarakat dan lingkugan sekitarnya.

"Kita siapkan modal. Seperti bank. Jadi mereka bisa mengajukan berapa anggaran yang dibutuhkan, maksimal Rp 1 juta. Disitulah nanti kita lihat, bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari usahanya," kata Malik.