Jumat, 23 Maret 2018 06:30 WITA

Kartu Debit Bank Pelat Merah Pakai Chip di 2019

Editor: Nur Hidayat Said
Kartu Debit Bank Pelat Merah Pakai Chip di 2019
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan bank gabungan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan menggunakan seluruh kartu debit menggunakan chip di 2019. 

Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo mengatakan, Itu dilakukan demi mengurangi risiko skimming yang marak terjadi belakangan ini.

Pihaknya menginginkan perubahan kartu debit menjadi chip bisa terjadi di semua bank pelat merah di 2019. Akan tetapi, dapat dipastikan BRI yang akan berjalan lebih dulu untuk menggunakan chip tahun ini.

"Tahun ini BRI akan ke chip. Ini diharapkan 2019 untuk Himbara pakai chip. Apalagi nunggu sampai 2030, ini akan kita percepat pakai chip," ungkap Gatot, dikutip laman Medcom.

Terkait persiapan BRI, kata Gatot, seluruhnya sudah disiapkan. Tujuannya merupakan hal yang positif agar tidak kejadian terulang skimming seperti di Kediri dan Surabaya.

Loading...

"Lalu, bukan hanya di dua daerah itu saja, Yogyakarta juga. Agar kota-kota itu tidak terjadi lagi skimming," ucapnya.

Gatot berujar, semua pegawai perbankan pelat merah bakal mewaspadai terjadinya kembali skimming di daerah. "Makanya semuanya (pegawai bank) melakukan kewaspadaan , semua karyawan perbankan BRI, Mandiri, BNI, dan BTN, semua lakukan pengawasan."

Perpindahan chip dari magnetic stripe, tidak ada masalah yang sangat rumit. "Sehingga kita bisa jalankan, reputasi ga ada masalah. Biaya no isu lah. Tahun ini BRI, BNI dan Mandiri berbeda dengan BRI, tanya ke Sis Apik (Direktur BRI)."

Loading...
Loading...