Sabtu, 17 Maret 2018 22:42 WITA

Lewat Skema Linked, Hasamitra dan BNI Salurkan KUR

Editor: Andi Chaerul Fadli
Lewat Skema Linked, Hasamitra dan BNI Salurkan KUR

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hasamitra menyiapkan dana untuk disalurkan ke Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini sebesar Rp25 miliar. Dana tersebut bersumber dari bank BNI dan dikerjasamakan melalui skema linked. 

Komisaris Utama BPR Hasamitra, Yongris, sebelumnyamengatakan, pihaknya masih akan fokus pada pembiayaan yang menyasar pegawai negeri. Ini yang menjadi penyumbang kredit terbesar Hasamitra. "Terbesar di kredit pegawai," kata Yongris.

Namun, lanjutnya, di sisi lain Hasamitra juga mengucurkan KUR tahun ini. Melalui skema linked dengan BNI. Jumlahnya Rp25 miliar yang ditargetkan habis di penghujung tahun. 

Ia mengaku, KUR tidak akan menggerus pangsa kredit mikro Hasamitra. Pasalnya plafon yang ditawarkan KUR maksimal Rp25 juta sebagai ketentuan dari KUR kecil. 

Sebelumnya, Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Edy Awaludin mengemukakan, tahun ini pihaknya tetap akan melanjutkan penyaluran KUR. Ini untuk menjalan porgram pemerintah memacu sektor-sektor   potensial melalui akses permodalan bersubsidi tersebut. 

"Tahun ini kita siapkan KUR sekitar 600 miliar," jelasnya.

Ia mengaku, KUR akan diarahkan untuk merangkul nasabah lebih besar lagi. Terutama untuk usaha kecil dan menengah. Targetnya sekitar 2.000 sampai 5.000 nasabah. 

"Kami optimis itu bisa tercapai," ujarnya. 

Edy meyakini, jumlah jatah KUR tersebut bisa habis di bulan September. Sejumlah strategi akan mendongrak realisasinya, termasuk skema linkage dengan menggandeng BPR Hasamitra. 

Edy menambahkan, tahun ini komposisi serapan KUR akan digeser dari sektor perdagangan ke sektor-sektor unggulan Sulsel. Bukan hanya pertanian, kata Edy, tapi juga perkebunan, perikanan dan peternakan. 

"Potensi yang segmen mikro masih sangat besar. Untuk KUR kecil kami siapkan 50 miliar. Seperti biasa, KUR mikro akan dinikmati oleh banyak debitur karena plafonnya yang rendah," pungkasnya.