Rabu, 07 Maret 2018 10:53 WITA

Selain Tarif Listrik, Harga Premium dan Solar Juga Tak Naik Sampai 2019

Editor: Andi Chaerul Fadli
Selain Tarif Listrik, Harga Premium dan Solar Juga Tak Naik Sampai 2019

RAKYATKU.COM - Pemerintah memastikan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak jenis Premium dan Solar hingga tahun 2019. Sebelumnya, pemerintah juga tidak menaikkan tarif dasar listrik hingga tahun depan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, keputusan itu diambil untuk menjaga daya beli masyarakat agar tidak semakin memberatkan.

Pemerintah akan berkonsultasi dengan Komisi VII DPR RI yang juga mendukung harga BBM Penugasan ini tidak naik.

"Sesuai kesepakatan antara Pertamina dan Menteri BUMN, Menteri Keuangan dan Menteri ESDM bahwa harga BBM Penugasan yakni RON 88 (premium) itu harganya tetap dipertahankan tidak naik. Ini semaksimal yang kita bisa, mestinya bisa dan kalau harga crude oilnya mencapai USD 100 per barel ya kita tinjau lagi, tapi pada prinsipnya diputuskan tidak naik," kata Jonan, belum lama ini.

Selain Premium, harga Solar 48 juga dipertahankan agar tidak naik. "Kita akan berkonsultasi kepada Komisi VII DPR RI karena Komisi VII juga mendukung harga BBM Penugasan dan BBM yang disubsidi seperti Gasoil 48 tidak naik, karena daya beli masyarakat juga belum meningkat, jadi prinsipnya tidak naik, kita nanti minta dukungan Komisi VII untuk menaikkan kompensasi untuk Pertamina," tegas Jonan.

Bantah Isu Politik

HALAMAN
1 2