Rabu, 07 Maret 2018 09:46 WITA

Kekayaan Donald Trump Merosot Rp5,5 Triliun

Editor: Aswad Syam
Kekayaan Donald Trump Merosot Rp5,5 Triliun
Donald Trump

RAKYATKU.COM, NEW YORK - Kekayaan Donald Trump bekurang USD400 juta atau Rp5,5 triliun pada tahun lalu. Itu berarti dia sekarang berarti dia sekarang hanya memiliki kekayaan USD3,1 miliar. 

Majalah Forbes mengungkapkan angka tersebut pada Rabu (7/3/2018). Menurut Majalah Forbes, pasar real estat New York yang tangguh sebagai penyebabnya. Itu juga akibat dari sebuah tuntutan hukum yang mahal pada kampanye pemilihan presiden Amerika pada 2016 lalu. 

Trump terpaksa membayar USD25 juta untuk menyelesaikan klaim program real estate Trump yang menipu mahasiswa sebuah universitas. Lapangan golf Skotlandia-nya juga telah kehilangan uang, memaksa konglomerat tersebut beralih menjadi politisi untuk menyuntikkan uang tunai, agar mereka tetap bertahan. 

Trump Turnberry di Ayrshire Skotlandia, kehilangan USD24 juta pada 2016, dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Investasi terbesar Trump di luar AS sekarang, berutang pada Trump USD156 juta, hampir dua kali lipat USD88 juta itu tahun sebelumnya.

Menurut Forbes dengan merosotnya kekayaan itu, juga mempengaruhi peringkat Trump pada daftar orang terkaya di dunia. Saat ini lanjut Forbes, Trump berada pada posisi 766, merosot dari tahun sebelumnya pada posisi 544.

Pendiri Amazon Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, senilai USD112 miliar. Bezos menggeser pemegang gelar sebelumnya Bill Gates ke posisi kedua dalam daftar orang terkaya dunia. Kekayaan pendiri Microsoft itu sebesar USD90 miliar.

Kekayaan Bezos meroket sebesar USD39,2 miliar tahun lalu. Kenaikan terbesar yang pernah diukur dalam satu tahun. Sebagian besar kekayaannya dipegang di saham Amazon, yang nilainya hampir dua kali lipat dari USD846 per saham pada bulan Maret lalu, menjadi USD1.523 masing-masing pada 5 Maret.