Senin, 19 Februari 2018 18:25 WITA

Strategi Jemput Bola, Pegadaian Bakal Rekrut Agen

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Strategi Jemput Bola, Pegadaian Bakal Rekrut Agen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pegadaian (Persero) terus berinovasi untuk memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui lewat peran agen. 

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Pegadaian, Teguh Wahyono, mengemukakan, tahun ini Pegadaian mengincar Outstanding Loan sebesar Rp45 triliun. Angka tersebut tumbuh sebesar 15 persen dari realisasi tahun 2017 lalu. 

"Kami menargetkan pertumbuhan bisnis di atas rata-rata pertumbuhan industri," jelas Teguh.

Ia melanjutkan, kini Pegadaian lebih fleksibel dalam memacu pertumbuhan bisnis. Salah satunya dengan strategi menjemput bola melalui peran agen. 

Ia mengaku, jumlah agen akan terus ditambah. Tahun ini secara keseluruhan di tanah air, ditargetkan jumlah agen Pegadaian bisa mencapai 6 ribu agen. Saat ini sudah di angka seribu agen. 

"Sementara sekitar seribuan agen. Masih awal dan kami akan terus merekrut agen," jelasnya. 

Teguh menambahkan, pihaknya melakukan pendampingan dengan mengedukasi agen, agar paham produk dan bisnis gadai. 

"Setiap area di bawah pimwil ada area. Nah, di tiap area ada SDM yang tugasnya mengkoordinir agen termasuk edukasinya," tuturnya. 

"Agen gadai menariknya disesuaikan dengan keahliannya. Misal toko emas kan sudah ahli dan paham menaksir nilai emas dan menangani emas. Cocok ini jadi agen gadai emas," imbuhnya.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Kantor Pegadaian Wilayah VI Makassar, Benzani menuturkan, agen bertugas untuk mengakomodir aktivitas penjualan, pembayaran dan pemasaran produk Pegadaian. Sehingga akan membantu penetrasi perseroan utamanya di daerah yang akses ke kantor Pegadaian masih sulit. 

"Kita usahakan di daerah yang tidak terjangkau dulu. Ini sekaligus membantu literasi keuangan. Kan ada masyarakat inklusinya tinggi tapi literasinya masih rendah," ujarnya.

Benzani menyebut, di wilayah cakupan saat ini jumlah agen baru diangka 120 agen, dari awal perekrutan bulan lalu. Targetnya tahun ini bisa sampai 600 agen yang diharapkan bisa berkontribusi sekitar 10 persen terhadap total target OSL tahun ini.