Jumat, 16 Februari 2018 09:15 WITA

Aneka Tradisi pada Perayaan Imlek dan Maknanya bagi Warga Tionghoa

Editor: Abu Asyraf
Aneka Tradisi pada Perayaan Imlek dan Maknanya bagi Warga Tionghoa
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Warga keturunan Tionghoa di seluruh Indonesia merayakan Imlek dengan sejumlah tradisi unik. Salah satunya dengan kegiatan gotong royong menghias rumah dan lingkungan tempat tinggal dengan pernak-pernik khas Imlek.

Tak hanya menghias rumah, dilansir China Highlights, terdapat beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan secara umum sebelum hari H hingga perayaan Imlek tiba. Seperti pesta kembang api di malam tahun baru bersama sanak keluarga, tetangga dan juga kerabat. 

Berikut beberapa tradisi dalam perayaan Imlek:

1. Tradisi Malam Tahun Baru

Setiap daerah mempunyai keunikan cara merayakan malam tahun baru, di Tiongkok misalnya menyantap pangsit adalah ritual yang harus dilakukan pada Malam Tahun Baru Imlek. Tapi ada juga yang memakan lumpia atau kue beras ketan. Tradisi utamanya meliputi makan malam bersama keluarga, memberikan amplop merah (angpau), bermainpetasan, mengenakan pakaian baru, dan hiasan.

2. Bagi-bagi Angpau

Hadiah tahun baru Imlek yang paling umum adalah angpau. Amplop merah ini berisi uang dan diyakini membawa keberuntungan karena berwarna merah. Biasanya diberikan kepada anak-anak dan pensiunan oleh orang dewasa yang sudah menikah.

3. Dekorasi Bangunan dan Jalan-Jalan

Warga bergotong royong mendekorasi setiap jalan, bangunan, dan rumah tempat tinggal dengan pernak-pernik warna merah. Merah adalah warna utama untuk Imlek, karena merah diyakini sebagai warna yang menguntungkan. Lentera merah dipasang di setiap sudut, terutama gapura. Tulisan dengan sebait doa dan harapan disisipkan di pintu. Bangunan didekorasi dengan tulisan Tahun Baru yang menggambarkan kemakmuran.

Sebagian besar hiasan dipasang sebulan sebelumnya, namun dekorasi rumah secara tradisional dilakukan pada Malam Tahun Baru Imlek. Seperti tahun 2018 adalah tahun Anjing, hiasan yang berhubungan dengan anjing akan sering terlihat. Ada boneka anjing merah untuk anak-anak dan lukisan.

4. Makan Malam Bersama Keluarga dan Saudara

Makan malam Tahun Baru disebut 'makan malam reuni', dan diyakini sebagai makan malam terpenting tahun ini. Keluarga besar dari beberapa generasi duduk mengelilingi meja bundar menikmati makanan dan menghabiskan waktu bersama. Piring sebagai simbol hoki harus disertakan dalam makan malam seperti ikan, pangsit, dan lumpia. Beberapa orang Tiongkok biasanya menyembah nenek moyang sebelum makan malam reuni.

5. Pesta Kembang Api di Tengah Malam

Sudah lama menjadi tradisi Tionghoa untuk membunyikan petasan dan kembang api dari menit pertama tahun baru mereka. Dari kota-kota besar hingga di daerah pedesaan Tiongkok, petasan dan kembang api merupakan perayaan yang sangat diperlukan.

7. Kado Silang

Seperti pada perayaan hari besar lainnya, pada Imlek orang akan menukar hadiah yang telah dipersiapkan. Di daerah pedesaan tradisi hadiah tahun baru biasanya diberikan orang tua kepada anak-anak muda.

Tags