Rabu, 14 Februari 2018 15:36 WITA

Advertorial

Pegadaian Tingkatkan Peran Kantor Wilayah VI Makassar

Penulis: Nur Izzati - Muh. Fadel
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pegadaian Tingkatkan Peran Kantor Wilayah VI Makassar
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo saat meresmikan kantor baru PT Pegadaian Wilayah VI (Foto: Fadel)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pegadaian (Persero) terus mengembangkan berbagai produk, utamanya pada Kredit Cepat Aman (KCA) di wilayah Sulawesi dan Timur Indonesia. 

Giat itu dilakukan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan Outstanding Loan (OSL) di Kantor WiIayah VI Makassar yang rata-rata mencapai 15 persen.

Direktur TI & Keuangan PT (Persero) Pegadaian Pusat, Teguh Wahyono mengatakan, capaian tersebut dikarenakan tingginya kinerja perdagangan dan ekspor sektor pertanian dari wilayah Sulawesi dan Timur.

Ia menambahkan, keberadaan Kantor Wilayah (kanwil) VI Makassar semakin strategis dengan OSL tumbuh 15 persen, bahkan capaian ini tertinggi dibandingkan Kanwil Pegadaian lainnya yang terdiri dari 12 Kanwil.

"Tingginya pertumbuhan di SulseI seiring dengan tingginya pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, sebesar 7,23 persen pada triwulan II tahun 2017, angka ini melampaui pertumbuhan ekonomi nasional (5,196)," katanya saat peresmian gedung baru Kantor Wilayah VI Makassar, di Jalan PeIita Raya, Blok A24 Nomor 3, Rappocini, Makassar, Rabu (14/2/2018).

Pegadaian Tingkatkan Peran Kantor Wilayah VI Makassar

Teguh menjelaskan, kantor baru Kanwil VI Makassar ini merupakan bentuk keseriusan Pegadaian untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan di wilayah Indonesia Timur yang meliputi provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Ambon. 

”Gedung baru ini diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja positif dan kontribusi Kanwil VI terhadap kinerja Pegadaian secara nasional," imbuhnya.

Kata teguh, jumlah nasabah Kanwil Pegadaian VI Makassar pada tahun 2017 lalu mencapai 857 -677 nasabah, jumlah tersebut meningkat sebanyak 2,21 persen, Year-on-Year (YoY).

Pegadaian Tingkatkan Peran Kantor Wilayah VI Makassar

"Sedangkan kontrubusi KCA terhadap pendapatan usaha Kanwil VI Makassar pada tahu 2016 hampir 90 persen dari total pendapatan iahun 2017. Sementara itu jumIah nasabah Pegadaian secara nasional mencapai Rp 9,5 juta," paparnya 

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk terus menggenjot pertumbuhan bisnis di Kanwil VI Makassar, Pegadaian juga akan terus meningkatkan produk gadai tanah yang bekerjasama dengan Program Sertifikasi Tanah Pemerintah Pusat. Disamping itu, pihaknya akan juga meningkatkan jumlah nasabah penerima program Kredit UItra Mikro (UMI). 

"Kedua program tersebut adalah upaya Pegadaian untu terus memajukan segmen ekonomi mikro di Indonesia," tegasnya. 

Pegadaian Tingkatkan Peran Kantor Wilayah VI Makassar

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyambut baik kegiatan peresmian gedung tersebut, karena makin ekspansifnya Pegadaian melalui Kanwil VI Makassar. 

”Selama ini kehadiran Pegadaian sangat membantu peigerakan ekonomi dan perdagangan temtama UMKM di Sulawesi dan sekitarnya, terutama dalam pemberian kredit yang cepat dan aman untuk masyarakat.“ 

Syahrul juga menjelaskan, tingkat pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada tahun lalu menempati posisi kedua tertinggi nasional  yaitu mencapai 7,23%, setelah Maluku Utara.

"Pencapaian ini luar biasa ditengah rneiambatnya ekonomi dunia," pungkasnya.

Kegiatan peresmian gedung baru tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), dengan memberikan bantuan kepada Kelurahan Buakana berupa pemberian 50 unit tempat sampah.

Tak hanya itu, kelurahan Balla Parang juga menerima 20 unit tempat sampah dan juga bantuan sebesar Rp 45 juta rupiah kepada posyandu. Sehingga tital dana CSR yang digelontorkan oleh pegadaian pada acara ini adalah sebesar Rp 150 juta.