Jumat, 09 Februari 2018 22:45 WITA

Media Gathering Saribattang 2018: Mengenal Pertamina Lebih Dalam

Editor: Jumardin Akas
Media Gathering Saribattang 2018: Mengenal Pertamina Lebih Dalam

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Puluhan awak pers dari berbagai  media di Sulawesi melakukan trip family gathering (Famgat) bersama PT Pertamina MOR VII.

Berlangsung di Jogjakarta, selama tiga hari Jumat-Minggu (9-11/2/2018), awak media diajak untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan pelat merah ini.

Dalam gala dinner yang digelar di Cangkir Restoran, di hari pertama, Jumat (9/2/2018) awak media berkesempatan bertemu dengan External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita. 

Pria pelontos ini yang kemudian memberikan penjelasan lebih dalam mengenai proses kerja  Pertamina. 

"Selama ini teman-teman lebih mengenal Pertamina sebagai  perusahaan distributor LPG dan BBM. Padahal lebih dari sekedar distributor, kami adalah perusahaan energi yang mengelola energi dari hulu ke hilir," katanya.

Arya, sapaannya menceritakan, selain BBM dan Gas, Pertamina juga sudah mengelola energi panas bumi melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy. 

"Meskipun anak usaha, share-nya tetap 100 persen milik Pertamina," katanya.

Selain itu, Pertamina melalui PT Pertamina Lubricants, PT Pertamina juga sudah memproduksi produk pelumas dengan melakukan ekspansi ke negara-negara lain di Asia.

"Kita sudah ada di Thailand," katanya.

Mengenai langkah kedepannya, Arya berjanji saat ini, Pertamina secara aktif melakukan ekspolarasi demi mencukupi kebutuhan konsumsi bahan bakar di Indonesia.

Tahun ini kata Arya, program pengembangan kilang baru pertamina akan dimulai diantaranya di Tuban dan Bontang. 

"Diharapakan dengan kapasitas produksinya yang mencapai 2 juta barel perhari ini dapat menutupi kebutuhan Bahan bakar Indonesia yang mencapai 1,6 juta barel perhari," katanya.