Kamis, 08 Februari 2018 12:10 WITA

Jamkrindo Target Volume Penjaminan KUR Rp9,163 Triliun

Editor: Nur Hidayat Said
Jamkrindo Target Volume Penjaminan KUR Rp9,163 Triliun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perusahaan Umum (Perum) Jamkrindo menargetkan volume penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini Rp9,163 triliun di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua). Angka itu meningkat dengan menyesuaikan target penyaluran KUR pemerintah tahun ini.

Kepala Jamkrindo Wilayah IX Sulawesi Maluku Papua (Sulampua), Hamim Bugi Afianto, mengemukakan bisnis penjaminan sepanjang 2017 lalu masih bertumbuh positif. Khusus penjaminan KUR di wilayah cakupan berhasil dibukukan sebesar Rp7,569 triliun.

"Angka tersebut sebagian besar berasal dari penjaminan KUR BRI. Dan, kontribusi tertinggi dari Sulsel mencapai 40 persen lebih," jelas Hamim usai sosialisasi Permenko Nomor 11 Tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan KUR bagi penyalur dan penjamin di Grand Clarion Hotel & Convention Center Makassar Selasa (6/2/2018).

Tahun ini, lanjut Hamim, pihaknya menargetkan volume penjaminan KUR Rp9,163 triliun. Peningkatan tersebut menyesuaikan target KUR pemerintah yang juga mengalami kenaikan. "Target itu kami sesuaikan dengan target KUR oleh pemerintah. Tahun ini kan secara nasional mencapai Rp120 triliun," ujarnya.

Hamim optimistis terhadap target tersebut. Menurutnya, KUR akan makin melaju tahun ini karena bunganya terkerek menjadi 7 persen. Sehingga akan lebih laris manis dan meringankan angsuran UMKM. Secara tidak langsung juga mengurasi risiko kredit bermasalah.

Selain itu, lanjutnya, pola monitoring kredit lewat sistem yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang dikelola Kementrian Keuangan, mendorong perbaikan mitigasi risiko. Sistem ini menyajikan informasi mengenai pengakses KUR sehingga debitur bermasalah bisa dihindari.