Kamis, 08 Februari 2018 11:50 WITA

Prediksi Ekonomi Sulsel Tumbuh, BI: Konsumsi Masyarakat Kuat

Penulis: Nurhikmah
Editor: Nur Hidayat Said
Prediksi Ekonomi Sulsel Tumbuh, BI: Konsumsi Masyarakat Kuat
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Bank Indonesia Kantor Wilayah Sulawesi Selatan memprediksi kinerja ekonomi Sulsel di triwulan I 2018 bakal tetap kuat. Hal itu didukung oleh optimisme masyarakat dan konsumsi rumah tangga yang tetap tinggi.

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan BI Sulsel, pertumbuhan kegiatan usaha menunjukkan peningkatan. Hal ini tercermin dari kenaikan SBT dari 20,08 (triwulan IV 2017) menjadi 33,88 persen terutama didorong oleh peningkatan pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, seiring dengan masuknya musim panen.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, mengatakan sejalan dengan hal tersebut penjualan retail di Sulsel juga mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) pada triwulan I 2018 tercatat sebesar 133,90 meningkat secara triwulanan sebesar 1,43 (qtq) secara tahunan atau 6,34 persen (yoy).

"Peningkatan IPR secara triwulanan maupun tahunan terutama terjadi pada barang aksesori dan suku cadang kendaraan yang disebabkan oleh peningkatan servis kendaraan pasca liburan," katanya.

Dia melanjutkan, kuatnya konsumsi di Sulsel juga terlihat dari optimisme masyarakat. Hasil Survei Konsumen menunjukkan optimisme masyarakat mengalami peningkatan pada triwulan I 2018, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada triwulan I 2018 sebesar 130,58, meningkat dari triwulan sebelumnya 123,78.

Peningkatan optimisme masyarakat terutama didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi tercatat sebesar 130,67 meningkat dari periode sebelumnya sebesar 118,83 didorong oleh peningkatan penghasilan masyarakat. 

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi tercatat sebesar 130,50 juga meningkat dari periode sebelumnya sebesar 128,72 terutama  didorong oleh peningkatan ekspektasi kegiatan dunia usaha dan penghasilan. 

Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2018 diperkirakan tetap tinggi dengan kisaran 7,0 persen sampai 7,4 persen. Ekonomi Sulsel akan terus melanjutkan perbaikan terutama ditopang permintaan domestik. 

Hal tersebut diprakirakan didukung oleh peningkatan pagu anggaran untuk APBN dan pengelolaan anggaran yang lebih baik serta perbaikan aktivitas ekspor, seiring trending up harga internasional nikel dan coklat serta peningkatan ekonomi mitra dagang utama.

Di samping itu, munculnya kelas menengah baru diimbangi dengan tambahan investasi (pembangunan perumahan, rumah sakit, perguruan tinggi, dan pusat perbelanjaan baru), dan berkembangnya hilirisasi agroindustri, pariwisata, dan jasa kesehatan serta perkiraan beroperasinya beberapa proyek infrastruktur pada 2018 seperti Makassar New Port akan mendorong ekonomi Sulsel tumbuh lebih tinggi.