Selasa, 06 Februari 2018 15:35 WITA

Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM Komitmen Bayar Marjin Bunga KUR

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM Komitmen Bayar Marjin Bunga KUR

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pemerintah memutuskan untuk menurunkan suku bunga KUR pada 2018. Dari semula 9 persen efektif per tahun menjadi sebesar 7 persen per tahun. 

Dengan demikian, margin bunga yang harus dibayar pemerintah naik meski tidak mengikuti besaran penurunan bunga KUR. Adapun perubahan subsidi bunga tersebut masing masing kredit mikro naik 1 persen dari sebelumnya 9,5 persen menjadi 10,5 persen. Kredit kecil naik menjadi 5,5 persen dari sebelumnya 4,5 persen sedangkan kredit tenaga kerja naik menjadi 14 persen dari sebelumnya 12 persen.

Sebagai lembaga KPA, Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM  menunjukkan komitmennya untuk melakukan pembayaran margin kepada Bank maupun perusahaan penjaminan secara cepat dan tepat waktu.

Kepala Bidang Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Mohammad Hasyim  menjelaskan, untuk mendukung target realisasi penyaluran KUR tahun 2018 sebesar 120 triliun, pemerintah telah menetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR TA 2018 senilai Rp13,66 triliun yang terdiri dari subsidi Imbal Jasa Penjaminan (IJP) Rp1,68 triliun dan subsidi bunga Rp11,97 triliun. 

Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM Komitmen Bayar Marjin Bunga KUR"Asal sesuai dengan SIKPnya, pasti kita segera bayar. Karena kita juga memverifikasi terhadap jumlah tagihan subsidi bunga KUR sesuai data yang tercantum pada SIKP," kata Hasyim yang ditemui usai kegiatan Sosialisasi Permenko No.11 tahun 2017  di Grand Clarion Makassar, Selasa (6/2/2018).

Untuk realisasi kata Hasyim, Kemenkop dan UKM mencatat realisasi pembayaran subsidi IJP dan subsidi bunga KUR sepanjang 2017 senilai Rp3,57 triliun dengan rincian, yakni Rp414,34 miliar untuk subsidi IJP, dan Rp3,16 triliun untuk subsidi bunga.

Dalam rangka pelaksanaan pembayaran subsidi bunga KUR tahun 2017 yang efektif Kemenkop dan UKM selaku KPA subsidi KUR melakukan koordinasi dengan para stakeholders, mengendalikan penyaluran KUR, memvalidasi data jumlah tagihan subsidi bunga KUR yang diunggah pada SIKP, dan menindaklanjuti rekonsiliasi data dengan Tim SIKP.