Selasa, 06 Februari 2018 12:25 WITA

Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,23%,  Pengamat: Dorong Investasi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,23%,  Pengamat: Dorong Investasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel secara resmi merilis tingkat pertumbuhan ekonomi Sulsel di angka 7,23 persen. Kendati menempati posisi kedua secara nasional, angka tersebut sayangnya masih lebih rendah dibandingkan dengan pertumbujan 2016 lalu yang mencapai 7,4 persen.

Pengamat Ekonomi Sulsel, Dr Anas Anwar Makkatutu mengatakan, selama ini ekonomi Sulsel hanya bertumpu pada pola yang stagnan. Semata mengandalkan konsumsi untuk mendorong dan menggairahkan sektor lainnya. 

"Pola ekonomi beberapa tahun terakhir seperti itu. Masyakarat harus didorong untuk meningkatkan konsumsinya,  kalau pendapatan naik, selanjutnya terjadi peningkatan permintaan dan produk industri. Lalu investasi naik dan akhirnya tercipta kesempatan kerja," tuturnya.

Seharusnya, kata Anas, konsumsi masyakarat dan investasi harus diupayakan bersinergi. Jika beriringan, sektor riil akan lebih cepat bergerak. 

"Kalau konsumsi naik dan investasi turun, berarti impor naik dan tidak ada kesempatan kerja. Kalau investasi yang naik dan konsumsi turun berarti investasi yang terjadi padat modal dan tidak naik pendapatan masyarakat. Otomatis konsumsi turun. Makanya harus berbarengan," tegasnya.

Terkait prediksi laju ekonomi ke depan, ia mengaku akan tetap mengacu pada kondisi kondusifnya iklim usaha dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. "Kalau itu bisa dijaga secara konsisten, maka semua bisa berjalan normal," jelas dia.