Senin, 05 Februari 2018 18:34 WITA

Sekolah Entrepeneur Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Gratis!

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Sekolah Entrepeneur Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Gratis!

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk melahirkan generasi muda berjiwa wirausaha, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), melaksanakan program sekolah entrepreneur.

Program yang diusung oleh Diskop Sulsel bersama para aktivis UKM ini menyasar siswa tingkat SMA Sederajat. 

Kepala Diskop Sulsel, Abd Malik Faisal mengungkapkan, program ini tengah berjalan, dan akan dilaksanakan selama tiga bulan. 

Ia menjelaskan, selama masa pelatihan, para peserta akan mengikuti tiga tahapan, yakni pada bulan pertama peserta akan diberikan motivasi, di bulan ke dua peserta diberi kesempatan untuk menentukan produk yang akan diolah, dan di bulan ketiga peserta akan terjun kelapangan.

"Nanti juga ada simulasi. Jadi, kita akan buat pameran produk, dan mereka akan berperan sebagai pengusaha sungguhan. Supaya lebih meyakinkan, kita hadirkan orang asing yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar, untuk datang sebagai investor. Nah, di sini kita lihat, bagaimana para wirausaha meyakinkan customer supaya tertarik dengan produknya," papar Malik, Senin (5/2/2018).

Program sekolah entrepreneur ini tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis. Para pembicara yang hadir merupakan orang ahli yang bersedia menjadi volunteer bagi pembinaan para siswa ini.

Namun, karena keterbatasan tenaga dan tempat, peserta sekolah entrepreneur ini dibatasi maksimal 20 orang dari setiap kelas. Dimana, dalam satu angkatan terdapat 10 kelas, sehingga maksimal siswa yang dibina dalam satu angkatan hanya 200 siswa. 

"Kita libatkan generasi muda yang betul-betul ingin menjadi seorang wirausaha," pungkas Malik.