Senin, 05 Februari 2018 15:48 WITA

Diskop dan UKM Sulsel Cetak Pengusaha Muda Dengan Sekolah Entrepreneur

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Diskop dan UKM Sulsel Cetak Pengusaha Muda Dengan Sekolah Entrepreneur
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan program sekolah entrepreneur, dengan menyasar siswa tingkat SMA Sederajat.

Kepala Diskop dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal, mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari pihak Diskop, aktivis UKM dan beberapa pihak terkait lainnya. Dengan tujuan untuk menciptakan wirausaha baru yang berkompeten, yang dibina sejak dini. 

"Kita libatkan anak-anak yang berusia maksimal 17 tahun, sehingga dalam jangka waktu 10 tahun kedepan, tidak ada lagi pengangguran," ungkap Malik.

Peserta kegiatan ini masih dibatasi oleh pihak Diskop Sulsel, karena keterbatasan tenaga dan tempat. Peserta sekolah entrepreneur ini dibatasi maksimal 20 orang dari setiap kelas. Dalam satu angkatan terdapat 10 kelas, sehingga maksimal siswa yang dibina dalam satu angkatan hanya 200 siswa. 

"Kita sudah laksanakan, kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu, disesuaikan dengan hari sekolah siswa," jelasnya.

Tujuan utama dari program ini yaitu, mengubah mindset para generasi muda, agar tidak fokus bercita-cita menjadi pegawai negeri, tetapi dapat membuka lapangan kerja baru, dengan menjadi wirausahawan.

Program ini disambut positif oleh pihak-pihak sekolah di Makassar, Namun, Malik berharap program sekolah entrepreneur ini bisa diketahui oleh kalangan pelajar di sekolah di berbagai daerah lainnya. 

"Mungkin manfaatnya tidak terlalu dirasakan saat ini, tetapi di masa yang akan datang sangat bermanfaat. Apalagi masa depan tentu tidak akan sama dengan sekarang, selain pertambahan penduduk makin banyak, teknologi juga akan semakin canggih," jelasnya.