Sabtu, 03 Februari 2018 08:52 WITA

Penanam Modal Asing Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sulsel

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Penanam Modal Asing Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sulsel
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel, AM Yamin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penanaman Modal Asing (PMA) dinilai memicu pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Selatan.

Realisasi investasi melalui Penanam Modal Asing di tahun 2017 mencapai Rp9,5 triliun. Jumlah ini tentunya cukup jauh jika dibandingkan dengan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yakni Rp1,9 triliun. Secara keseluruhan, nilai investasi Sulsel di tahun 2017 tembus Rp11,4 triliun.

"Tentu investasi ini faktor utama di balik pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan, sehingga tidak di bawah 7 persen," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel, AM Yamin.

Adapun sektor yang mendominasi investasi di tahun 2017 yakni, Kelistrikan (listrik, gas dan air) 38%, Industri Makanan 29%, Pertambangan 11%, serta Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran 9%.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk mempermudah proses perizinan, guna mendorong lebih banyak investasi. Yakni melalui Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah diterapkan sejak beberapa tahun belakangan ini.

"Kita juga lakukan komunikasi terhadap perusahaan-perusahaan yang menjadi prioritas kita, salah satunya yang investasinya besar," pungkasnya.