Kamis, 01 Februari 2018 10:17 WITA

Pelindo IV Imbau Pengguna Jasa Terapkan Windows System 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pelindo IV Imbau Pengguna Jasa Terapkan Windows System 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tetap melaksanakan program windows system, untuk mendapatkan pelayanan kepelabuhanan secara cepat dan optimal.

General Manager Terminal Petikemas Makassar (TPM), Yosef Benny Rohi mengatakan, dengan menerapkan windows system, seluruh aktivitas kapal dapat terjadwal dan terencana. 

“Sehingga, nantinya tidak ada lagi kedatangan kapal yang menumpuk bersamaan di satu waktu. Hal ini tentu menguntungkan dan bermanfaat bagi semua pihak, di mana kedatangan kapal bisa langsung terlayani tanpa harus menunggu terlalu lama,” jelasnya.

Dia mengakui, saat ini masih terjadi antrian kapal, khususnya di Terminal Petikemas Makassar. Yosef menyadari, hal itu hambatan dan keluhan utama dari para pengguna jasa di pelabuhan terbesar di Kawasan Indonesia Timur (KTI) ini. 

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kongesti, yaitu kapal yang masuk ke Pelabuhan Makassar secara bersamaan kurang lebih 6 hingga 8 kapal per hari. Sedangkan, tambatan yang tersedia maksimal 5 kapal bila panjang kapal dibawah 150 meter dan jika kapal diatas 150 meter kapasitas maksimum 4 kapal.

Selain itu, cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi di Makassar, menyebabkan pihaknya sering menghentikan sementara kegiatan bongkar muat, demi mencegah risiko kecelakaan dan keselamatan.