Kamis, 01 Februari 2018 00:30 WITA

Esemka Garuda 1 Sangat Mirip dengan Mobil Tiongkok, Ini Buktinya

Editor: Abu Asyraf
Esemka Garuda 1 Sangat Mirip dengan Mobil Tiongkok, Ini Buktinya
Desain mobil Esemka Garuda 1 yang disebut-sebut mirip dengan mobil Tiongkok, Foday Landfort.

RAKYATKU.COM - Mobil Esemka kembali jadi perbincangan. Kabarnya, mobil yang diperkenalkan Joko Widodo beberapa waktu lalu itu segera dijual di pasaran. Namun, ada yang membuat penasaran. Desainnya sangat mirip dengan Foday Landfort, buatan Tiongkok.

Ketika dibandingkan, perbedaannya hanya pada logo dan penyematan emblem. Selebihnya sangat mirip. Terutama pada bagian buritan. Sebutlah antara lain desain pintu belakang, rear upper spoiler, list chrome, wiper, stop lamp, bumper, hingga reflektor yang sama persis.

Begitu pula tampak samping. Pilar a hingga c desainnya sama persis. Bentuk kaca kecil di belakang pilar c pun antara keduanya seperti pinang dibelah dua. Beranjak ke bagian pintu samping, masing-masing mobil menggunakan desain handle pintu yang sama.

Esemka Garuda 1 Sangat Mirip dengan Mobil Tiongkok, Ini BuktinyaFoday Landfort

Foday Landfort, tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.4-liter dan mesin diesel 1.9-liter. Untuk sistem penggeraknya all-wheel-drive (AWD) dan rear-wheel-drive (RWD). Sementara spesifikasi Esemka Garuda 1 belum dipublikasikan.

Tak hanya Esemka Garuda 1 yang mirip dengan mobil Tiongkok. Mobil Esemka Digdaya juga sangat mirip dengan pikap asal Tiongkok lainnya, Foday F22.

Produksi massal Esemka Garuda 1 dilakukan PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH). Perusahaan ini membuka pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. PT ACEH kabarnya akan melibatkan siswa-siswi SMKN terbaik di Indonesia. 

Cikal bakal mobil Esemka ini lahir dari SMKN 2 Solo tahun 2012 lalu. Jokowi yang saat itu menjabat wali kota Solo kemudian terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta kemudian memperkenalkan mobil itu.
 

Berita Terkait