Rabu, 31 Januari 2018 16:17 WITA

Realisasi Investasi Sulsel Capai Rp11 T, Ini Rinciannya

Editor: Aswad Syam
Realisasi Investasi Sulsel Capai Rp11 T, Ini Rinciannya
Kepala DPMPTSP Sulsel, A.M Yamin didampingi Kepala Bidang Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Investasi, Nuzlia Qurniaty.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel, telah merilis realisasi investasi Sulsel di tahun 2017.

Berdasarkan data yang diterima, jumlah realisasi investasi Sulsel pada triwulan IV tahun 2017 sebesar Rp2,2 triliun. Jumlah tersebut berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp707 juta, dan Penanaman Modal Asing Rp1,5 triliun.

Seperti diketahui, investasi Sulsel pada triwulan I mencapai Rp2,93 triliun, di triwulan II mencapai Rp4,64 triliun, dan pada triwulan III mencapai Rp1,625 triliun. Sehingga, total realisasi investasi Sulsel selama tahun 2017, yakni Rp11 triliun.

Jumlah realisasi investasi tersebut, melebihi dari target 2017 yang dicanangkan, yakni Rp9 triliun.

Kepala DPMPTSP Sulsel, AM Yamin mengungkapkan, berdasarkan realisasi investasi dalam 10 tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Selatan tidak pernah di bawah 7,5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi yang baik ini tentu didukung dengan adanya investasi yang tinggi di setiap daerah di Sulsel," ujarnya dalam konferensi pers realisasi investasi triwulan IV, Rabu (31/1/2018).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, di Triwulan 4, sektor kelistrikan merupakan yang paling mendominasi yakni 38%, disusul industri makanan 29%, dan pertambangan sebesar 11%.

"Dengan pencapaian ini, kita semakin optimis dalam menghadapi tantangan di tahun 2018. Tentu juga kita persiapkan strategi-strategi untuk lebih meningkatkan lagi investasi di Sulawesi Selatan," pungkasnya.