Sabtu, 27 Januari 2018 11:27 WITA

Pertamina Edukasi Safety Sejak Dini pada Ratusan Siswa SD Makassar 

Editor: Mulyadi Abdillah
Pertamina Edukasi Safety Sejak Dini pada Ratusan Siswa SD Makassar 
PT Pertamina Marketing Operation Region VII saat menggelar kegiatan Sosialisasi Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada siswa-siswi usia dini di Makassar, Sabtu, (27/1/2018). 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII menggelar kegiatan Sosialisasi Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada siswa-siswi usia dini di SDN Kompleks Mangkura dan pembentukan program Safety School di SDN Mangkura 3, Sabtu, (27/1/2018). 

Para siswa-siswi mendapatkan edukasi pengenalan dan pengetahuan awal mengenai prioritas keselamatan pada setiap aspek kehidupan, khususnya dalam lingkungan sekolah mereka sehari-hari.

Para siswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar keselamatan serta pengenalan produk Pertamina yang disampaikan secara menarik lewat story telling oleh para pekerja Pertamina bekerjasama dengan pengajar dari Universitas Hasanuddin Makassar. 

"Kami ingin menanamkan budaya K3 pada anak-anak sejak usia dini, dengan cara yang menyenangkan. Sehingga membekali mereka dalam menghadapai tantangan resiko keselamatan yang selalu ada dalam menjalani aktivitas, khususnya dimulai dari lingkungan sekolah sehari-hari," jelas Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo.

Roby melanjutkan, untuk program Safety School, Pertamina membentuk sekolah percontohan Keselamatan yang akan dicanangkan di SDN Mangkura 3 sebagai proyek percontohan. 

“Dalam program Safety School ini, nantinya para siswa akan dijadikan sebagai duta keselamatan di sekolahnya lewat edukasi aspek keselamatan yang dimulai dari hal-hal kecil di lingkungan sekolah. Selain itu, sekolah juga akan dilengkapi sarana dan fasilitas pendukung yang menunjang program,” ujarnya.

Selain memberikan sosialisasi dan story telling mengenai K3, kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional ini juga dikemas dengan Lomba Menggambar dan Lomba Mewarnai mengangkat tema “Saya Pelopor Budaya Keselamatan”. Lomba ini diikuti ratusan siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 di lima Sekolah Dasar di Kompleks SDN Mangkura.

Pada kesempatan ini, Pertamina juga menyerahkan bantuan sarana prasarana penunjang pendidikan kepada SDN Mangkura 3. Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian Pertamina dalam mendukung kegiatan pendidikan khususnya bagi siswa sekolah dasar yang juga sejalan dengan salah satu pilar program CSR Pertamina yakni Pertamina Cerdas.

“Diharapkan, lewat Sosialisasi Budaya K3 anak-anak dapat memahami beberapa resiko kondisi ataupun perilaku yang tidak aman yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara mencegahnya. Tentunya hal ini sejalan dengan dengan tema nasional peringatan bulan K3 tahun ini yakni ‘Melalui Budaya K3 mendorong Terbentuknya Bangsa yang Berkarakter’ dan tema Bulan K3 Pertamina ‘Jadikan HSSE Sebagai Beyond Culture’,” ujar Roby.  

Peringatan Bulan K3 Nasional merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pertamina sebagai bentuk sosialisasi untuk menyegarkan penerapan budaya K3, khususnya dalam kegiatan operasional perusahaan. 

“Saat ini, komitmen dan penerapan budaya K3 di MOR VII berhasil meraih apresiasi diantaranya penghargaan dari Gubernur Sulsel terkait Kepatuhan terhadap Pelaksanaan Peraturan Perundangan Keselamatan lebih dari 80% dan penghargaan 6 PROPER Hijau di enam wilayah kerja MOR VII dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tutup Roby. 

Dalam rangka memperingati Bulan K3, Pertamina MOR VII sebelumnya juga telah melakukan sosialisasi aspek safety di delapan SPBU di wilayah Makassar pada tanggal 22-25 Januari 2018 lalu, dan akan dilanjutkan dengan puncak kegiatan HSSE Ewako yakni berbagai perlombaan K3 yang akan diikuti oleh internal pekerja dan mitra kerja Pertamina, diantaranya yakni lomba Incident Investigation, Working at Height, Confined Space Rescue & Medical Evaluation, Safety Riding and Driving serta Fire Combat.