Kamis, 25 Januari 2018 10:22 WITA

Setor Rp1,7 T, Minna Padi Dapat Lampu Hijau Akuisisi Bank Muammalat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Setor Rp1,7 T, Minna Padi Dapat Lampu Hijau Akuisisi Bank Muammalat

RAKYATKU.COM - PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk mendapat lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk mengambil alih saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. 

Hal ini setelah ada itikad baik dengan menyetor dana Rp1,7 triliun melalui rekening escrow, yang merupakan syarat dari pihak OJK bagi calon pemegang saham Bank Muamalat.

“Ya kami mensyaratkan (calon investor Bank Muamalat) harus setor Rp1,7 triliun ditaruh di escrow account sebagai bukti keseriusannya,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, yang dikutip dari Bisnis.

Dalam mencari calon investor Bank Muamalat, lanjutnya, otoritas memang intens terlibat, untuk mengatasi masalah permodalan yang mendera bank syariah pertama di Indonesia tersebut.

“Investor tidak ada yang disuruh. Masuk atas keinginan sendiri, dan yang ingin masuk itu antre. Setelah kita transparan kepada masyarakat, bahwa bank kondisi begini, siapa yang masuk silakan. Siapa yang duluan, dikasih deadline,” terangnya.

Dari batas deadline yang ditentukan, ada satu pemodal yang serius dengan menyetorkan dana melalui rekening escrow, yakni Minna Padi. Dengan itikad baik itu, maka entitas sudah bisa melakukan rapat pemegang saham untuk mengesahkan aksi korporasi tersebut.