Selasa, 09 Januari 2018 14:36 WITA

11 Orang Didakwa Pencurian Minyak di Kilang Shell

Editor: Andi Chaerul Fadli
11 Orang Didakwa Pencurian Minyak di Kilang Shell
REUTERS/Tim Chong/

RAKYATKU.COM - Sebelas orang didakwa di pengadilan Singapura karena terlibat dalam pencurian minyak di kilang terbesar Shell, Selasa (9/1/2018).

Dikutip dari Reuters, kepolisian di negara pusat perdagangan minyak utama Asia itu mengatakan, mereka telah menahan 17 orang dan menyita uang jutaan dolar. Juga sebuah kapal tanker kecil saat penyelidikan mereka menjadi pencurian di lokasi industri Pulau Bukom.

Royal Dutch Shell Plc yang pertama kali melaporkan pencurian tersebut ke pihak berwenang pada Agustus. Perusahaan itu merilis berita bahwa penangkapan tersebut mencakup sejumlah karyawan Shell dan mengantisipasi penundaan singkat dalam operasi pasokan di Bukom.

Sembilan warga Singapura dikenai denda atas pencurian tersebut dan dua warga Vietnam dikenai hukuman karena menerima barang-barang curian. Barang itu dipindahkan dari Pulau Bukom ke sebuah kapal tanker minyak kecil bernama Perdana Selatan (IMO: 9452804), lembaran muatan menunjukkan.

Data pengiriman dari Thomson Reuters Eikon menunjukkan Perdana Selatan mengirimkan bahan bakar antara Ho Chi Minh City, Vietnam, dan Singapura selama 30 hari terakhir.

Mereka yang ditangkap oleh polisi saat penggerebekan pada Minggu lalu, semua pria berusia antara 30-63 tahun. Polisi mengatakan enam orang yang tidak dituntut masih dalam penyelidikan.

Dokumen pengadilan yang dilihat sejauh ini menuduh tiga insiden pencurian gasoil: pada 21 November 2017, lebih dari 2.322 ton senilai S$ 1.277 juta; dan pada 5 dan 7 Januari tahun ini, gabungan 2.062 ton gasoil senilai S$ 1,126 juta.

Kedua warga Vietnam tersebut dikenai tuduhan menerima gasoil pada 7 Januari, di dermaga 5 di pulau Bukom, dokumen tersebut menunjukkan.

Polisi mengatakan mereka juga menyita $3.050.000 secara tunai dan kapal tanker seberat 12.000 ton berat.

Mereka juga membekukan rekening bank tersangka, kata polisi.

Bukom adalah kilang minyak terbesar yang dimiliki Shell di dunia dalam hal kapasitas penyulingan kasar, menurut situs web perusahaan.

Shell menolak mengatakan berapa banyak minyak telah dicuri. Lembar muatan yang ditentukan gasoil sebagai komoditas curian dan mencantumkan jumlah yang bervariasi untuk setiap orang yang dikenai biaya.

Pengiriman dan penyulingan minyak telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kekayaan Singapura selama beberapa dekade terakhir.

Negara kota Asia Tenggara adalah salah satu pusat perdagangan minyak terpenting di dunia, dengan sebagian besar minyak mentah Timur Tengah melewati Singapura sebelum dikirim ke konsumen besar di China, Jepang dan Korea Selatan.

Singapura juga merupakan pusat kilang utama Asia Tenggara dan stasiun pengisian bahan bakar laut terbesar di dunia.

Shell adalah salah satu investor asing terbesar dan terpanjang di Singapura. Kilang minyaknya di pulau Bukom, terletak 5,5 km ke arah barat daya Singapura, merupakan fasilitas terbesar perusahaan di dunia, dengan kapasitas produksi 500.000 barel per hari.

Tags

Berita Terkait