Jumat, 29 Desember 2017 21:11 WITA

Niatan Bukalapak Demi Memajukan Produk Kreatif Lokal

Editor: Almaliki
Niatan Bukalapak Demi Memajukan Produk Kreatif Lokal
Ilustrasi pasar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebagai marketplace asli Indonesia, Bukalapak mendorong kemajuan para UKM Indonesia dengan beragam produk-produk kreatif. Tentunya, hal itu membutuhkan tempat pemasaran yang tepat, agar produk-produk tersebut dapat dijangkau berbagai khalayak, salah satunya adalah melalui marketplace seperti Bukalapak.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, mengatakan Bukalapak mempertemukan para penjual dan pembeli untuk bisa bertransaksi baik dalam jumlah besar maupun satuan. Semua orang bisa berjualan di Bukalapak. 

"Saat ini jumlah pelapak di Bukalapak mencapai lebih dari 2 juta pelapak yang tersebar di seluruh Indonesia. 50 persen dari pelapak kami, menjual produk-produk kreatif lokal. Artinya mereka ini tergolong memproduksi sendiri semua produk-produknya baik kerajinan, pangan, fesyen, hobi, dan lain-lain yang tergolong non-gadget.” ujarnya jumat (29/12/2017).

Para UKM termasuk di dalamnya para Pelapak di Bukalapak, adalah penggerak dalam industri perdagangan tanah air. Dengan usaha pemerintah untuk memberikan dukungan bagi para pelaku UKM, termasuk di dalamnya pelaku ekonomi kreatif. Bukalapak ingin turut berkontribusi untuk membantu pemasaran para pelaku UKM ini, melalui pemanfaatan platform digital.

"Kami menyadari persaingan produk-produk asing dan lokal ini sangat kuat, sehingga kami selalu membina pelapak-pelapak kami, khususnya yang tergabung dalam komunitas Bukalapak. Kami ingin menaikkelaskan para pelapak Bukalapak, agar baik kualitas maupun kecepatan pengiriman tidak mengecewakan para pembeli," jelasnya.

Selain itu, Bukalapak secara konsisten memberikan pembekalan kepada perwakilan komunitas dari setiap kota yang bertujuan untuk menyiapkan mereka sebagai pemimpin dan trainer di dalam komunitasnya, untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas mereka, anggota komunitas, dan masyarakat sekitar dalam hal berbisnis daring.

Dengan jumlah komunitas Bukalapak tersebar di 80 kota di seluruh Indonesia, Bukalapak ingin terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka, dalam menggunakan Bukalapak sebagai marketplace dalam meningkatkan bisnis.