Sabtu, 04 Juni 2016 16:14 WITA

Menperin Minta Indonesia Jadi Pengekspor Hasil Olahan

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Menperin Minta Indonesia Jadi Pengekspor Hasil Olahan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin melakukan pemantauan industri rumput laut yang baru saja diresmikan di Kawasan Industri Makassar (Kima), Sabtu (4/6/2016).

Ia mengatakan industri olahan ini akan terus dikembangkan. Mengingat Indonesia selama ini lebih banyak mengekspor bahan mentah, namun membeli kembali hasil olahan dari negara lain.

"Barusan kita lihat pengolahan rumput laut menjadi bahan pangan. Ini yang harus kita terus kembangkan sehingga ada nilai tambah buat masyarakat. Selama ini kita ekspor bahan mentahnya keluar, kemudian membeli kembali hasil olahannya dengan harga lebih tinggi," kata Saleh.

Saleh mengaku pihaknya menstimulan industri pengolahan di Indonesia dengan berbagai cara. Termasuk dengan pemberian bantuan alat produksi. Ia berharap industri rumput laut tersebut tidak hanya ada di Ibukota Provinsi saja, tetapi juga menjalar ke daerah.

"Kita akan kembangkan dengan berkoordinasi bersama pihak terkait. Maka perlu ada kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Daerah, agar terbangun juga di kabupaten," ujarnya.

Loading...

Ia menegaskan akan terus mendorong ekspor hasil olahan, dan menekan ekspor bahan mentah ke luar negeri.

"Yang kita dorong adalah ekspor produk olahan, jangan lagi bahan mentah. Tapi tentu kita perlu koordinasi dengan kementrian lain. Seperti yang kita lakukan terhadap coklat misalnya," pungkasnya.

Saat ini, dari komoditi yang diproduksi oleh petani Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan baru 10 persen yang diekspor berupa hasil olahan ataupun setengah jadi. Sedangkan 90 persen masih diekspor berupa bahan mentah.

Loading...
Loading...