Minggu, 10 Desember 2017 06:01 WITA

CITIZEN REPORT

Akumandiri Sulsel Dorong Kolaborasi Usaha IUMKM di 2018

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Akumandiri Sulsel Dorong Kolaborasi Usaha IUMKM di 2018
Kopdar Assosiasi IUMKM Akumandiri Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Asosiasi IUMKM Akumandiri Sulsel mendorong inovasi IUMKM dalam menyongsong 2018. Dalam rangka hal tersebut, Assosiasi IUMKM Akumandiri Sulsel menggelar Kopdar Akumandiri dengan mengusung tema IUMKM Menyongsong 2018 di Marami Cafe sabtu, 9 Desember 2017.

Kegiatan ini diikuti sekitar 50 orang peserta yang berasal dari pengurus Akumandiri dan pelaku UMKM yang berasal dari latar belakang usaha beragam. Seperti dari kelompok UKM Bank Sampah, kelompok pengolahan limbah, serta beberapa UMKM makanan, jasa dan kreatif.

Ketua Akumandiri, Bachtiar Baso, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan kopdar ini adalah wadah sharing dan diskusi antar sesama pelaku usaha. Tentang kondisi bisnis di tahun 2017 yang telah dijalani. Serta proyeksi terkait pengembangan bisnis dari masing-masing UKM dalam menyongsong tahun 2018.

"Akumandiri hadir sebagai wadah UMKM saling berbagi ilmu dan pengalaman terkait bisnis saat ini. Dan pengembangan inovasi yang akan dilakukan kedepannya. Kita berharap kolaborasi antar UKM dapat terus dipacu untuk dapat tumbuh berkembang bersama," ujarnya.

Dalam diskusi ini, beberapa poin yang menjadi topik pembahasan. Seperti persoalan dan solusi dalam hal pengurusan ijin dan legalitas usaha. Khususnya usaha makanan dan kosmetik, persoalan inovasi produk dan akses pasar yang lebih luas serta pengembangan inovasi usaha kerajinan menuju pasar modern.