Senin, 27 November 2017 06:05 WITA

Mau Ajukan Pinjaman? Kenali Dulu Waktunya Sebelum Kamu Rugi

Editor: Muh. Taufik
Mau Ajukan Pinjaman? Kenali Dulu Waktunya Sebelum Kamu Rugi

RAKYATKU.COM- Berbagai macam kebutuhan sering kali memaksa Kita untuk mengambil pinjaman dari sebuah lembaga keuangan. Namun tak sedikit yang merasa takut untuk meminjam dana lantaran takut terbebani oleh angsuran dari pinjaman uang online. Memang tak salah jika ada seseorang berfikir demikian, namun hutang belum tentu memiliki dampak negatif.

Artikel Kita kali ini akan membahas beberapa momen yang dapat Anda cari dengan pinjaman dana tunai dari KTA online Indodana sebagai penyelamat keuangan Anda. Namun sebelumnya, pastikan alokasi dana pinjaman tersebut adalah pinjaman yang sifatnya produktif, yang mampu memberikan return sehingga pinjaman Anda pun lebih bermanfaat kedepannya. Sebaliknya, hindari penggunaan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif yang tidak memberikan return. Berikut adalah ulasan selengkapnya :

1. Konsolidasi Utang Pribadi

Istilah konsolidasi hutang adalah menyatukan beberapa pinjaman menjadi satu pintu pinjaman. Keuntungannya jelas lebih mempermudah Anda dalam proses pembayaran angsuran, selain itu Bunga yang diterapkan pun menjadi lebih rendah dan tetap (fixed) tanpa adanya kenaikan selama Anda konsisten membayar angsurannya. Contoh konsolidasi utang antara lain, mengajukan pinjaman untuk melunasi tagihan kartu kredit yang memiliki bunga cukup mencekik. Dengan adanya konsolidasi hutang ini beban Anda pun akan berkurang.

Dengan acara ini Anda dapat menghemat waktu saat Anda memiliki banyak tagihan seperti tagihan kartu kredit, KTA dan KPR dalam waktu yang bersamaan. Memang konsolidasi hutang ini akan terasa lebih menyeramkan lantaran hutang Anda terlihat lebih besar, namun jika Kita pahami bersama bunga yang ditawarkan akan jauh lebih kecil jika dibandingkan membayar tagihan satu persatu

2. Meningkatkan Skor Kredit Individu

Seperti sering dibahas sebelumnya, skor kredit seorang nasabah akan terekam dalam system BI Checking lewat Bank Indonesia dimana didalamnya memuat sejumlah prestasi kredit yang pernah Anda ambil. Skor kredit ini akan menentukan apakan Anda layak mendapatkan dana pinjaman selanjutnya atau tidak.

Jika Anda sudah terlanjur memiliki tagihan terlalu banyak dan dirasakan terlalu sulit untuk melunasainya adalam jangka waktu pendek,

Anda dapat memanfaatkan pinjaman dari bank untuk kebutuhan melunasi kartu kredit. Hal ini bertujuan untuk memperbiki skor kredit Anda bilamana Anda memiliki rekam jejak pembayaran kartu kredit yang buruk.

Selain itu dengan meminjam dana (misal KTA) untuk melunasi kartu kredit biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih kecil jika dibandingkan Anda membayar minimum payment setiap bulannya. Namun yang harus Anda perhatikan jika Anda mengambil dana untuk tujuan melunasi kartu kredit, terapkan konsistensi Anda dalam membayar tagihan. Jika Anda tidak menerapkan hal tersebut Anda hanya kan membuang buang waktu dan menambah beban finansial saja tanpa memberikan efek positif.

3. Coba Penuhi Kebutuhan yang Sifatnya Darurat

Sebenarnya saat ini ada banyak sekali asuransi yang telah mengcover keperluan keperluan kesehatan. Namun karena kurangnya kesadaran sering kali penetrasi asuransi pun dirasakan cukup sulit pada masyarakat Indonesia yang dominan kurang dalam hal pendidikan. Sebagai solusinya untuk Anda atau keluarga yang akan berobat dan membutuhkan dana yang cukup besar, cobalah untuk mengajukan pinjaman.

Kesehatan adalah sesuatu yang tak dapat dibeli dengan uang sebesar apapun. Seberapa besar pun bunga yang diterapkan oleh lembaga keuangan Anda tak perlu ragu untuk mengambilnya, selama lembaga tersebut memang terbukti dinaungi oleh OJK. Selanjutnya, agar Anda tak terjebak hutang yang berlarut larut pasca pengobatan, ambil lah dana sesuai kebutuhan dengan tenor yang pendek untuk mereduksi tingkat resiko gagal pembayaran.

4. Mencoba untuk Buka Usaha atau Bisnis

Seperti telah Kita bahas sebelumnya, jenis hutang ada dua macam yakni hutang produktif dan hutang konsumtif. Dua dua nya memiliki ciri khas yang saling bertolak belakang. Jika Anda mengalokasikan dana untuk keperluan membuka usaha atau bisnis, itu artinya dana pinjaman tersebut dialokasikan untuk keperluan produktif lantaran dapat memberikan return atau menghasilkan dana baru yang dapat Anda gunakan untuk membayar tagihan pinjaman.

Pilih lah jenis pinjaman kredit multiguna. Selain bunga nya yang kecil, Anda pun dapat memberikan agunan sebagai jaminannya. Memang jika dibandingkan dengan KTA proses mendapatkan kredit multiguna ini proses pengajuannya lebih lama lantaran Anda harus menunggu proses verifikasi atau survei oleh pihak bank. Namun bunga yang di tawarkan jauh lebih kompetitif jika dibandingkan kredit tanpa agunan (KTA).

Demikian lah beberapa asalan untuk Anda mengajukan pinjaman. Selalu pastikan alokasi dana pinjaman adalah untuk kebutuhan yang sifatnya produktif agar Anda pun tak menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba!

Tags

Berita Terkait