Rabu, 22 November 2017 17:36 WITA

Tabungan Sehat JKN-KIS Permudah Lunasi Tunggakan Iuran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tabungan Sehat JKN-KIS Permudah Lunasi Tunggakan Iuran

RAKYATKU.COM, JAKARTA - BPJS Kesehatan terus menjalin bekerjasama dengan pihak-pihak perbankan, dalam hal upaya meningkatkan kolektabilitas iuran peserta JKN-KIS.

Salah satu upaya yang dikembangkan adalah Program Tabungan Sehat yang merupakan program kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero). 

“Kami mengapresiasi langkah BNI untuk senantiasa mendukung Program JKN-KIS. Melalui Tabungan Sehat diharapkan peserta JKN-KIS khususnya yang memiliki tunggakan dapat lebih mudah menyelesaikan kewajibannya membayar iuran peserta JKN-KIS,” jelas Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso di Jakarta (21/11/2017). 

Ia mengungkapkan, saat ini terdapat peserta JKN-KIS yang memiliki tunggakan yang cukup besar. Untuk itu BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi produk perbankan Tabungan Sehat, sebagai jawaban terkait permasalahan tersebut. Sehingga peserta dapat melunasi tunggakan iuran dan mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa menemui hambatan. 

Adapun mekanisme peserta yang ingin mengikuti program angsuran melalui tabungan sehat ini sangatlah mudah. Pertama peserta JKN-KIS datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa KTP, KK, Kartu JKN-KIS dan setoran awal Rp. 100.000,-. 

Peserta akan mendapatkan gambaran jumlah setoran bulanan yang harus disetor sesuai dengan jumlah tunggakan dan jangka waktu yang diinginkan, dari petugas Bank BNI. 

Setelah menentukan jumlah setoran dan jangka waktu, peserta harus mengisi form autodebet pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Setoran selanjutnya peserta dapat melakukan melalui Agen BNI 46 terdekat di seluruh Indonesia maupun ke Kantor BNI terdekat. 

Saldo peserta tidak akan didebet sebelum memenuhi dari jumlah yang ditentukan.