Selasa, 21 November 2017 09:51 WITA

Laporan Rakyatku.com dari Jakarta

BI: Transaksi Non Tunai Bakal Sentuh Pelosok Desa

Editor: Andi Chaerul Fadli
BI: Transaksi Non Tunai Bakal Sentuh Pelosok Desa
Pelatihan Wartawan Daerah yang digelar Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (20/11/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) terus mendorong pergeseran perilaku transaksi masyarakat dari tunai ke non-tunai. Setidaknya ada beberapa strategi yang dilakukan agar budaya transaksi non-tunai mewabah hingga ke pelosok desa.

"Untuk itu, saat ini banyak program pemerintah, utamanya bantuan-batuan sosial yang direalisasikan dengan non-tunai sampai ke pelosok desa," kata Kepala Grup Pengelolaan Program Elektronifikasi Keuangan Inklusif dan Perizinan BI, Pungky P Wibowo pada Pelatihan Wartawan Daerah di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Pungky menjelaskan, sinergi dengan pemerintah telah dilakukan di berbagai sektor. Utamanya pada sektor dengan jumlah pengguna yang masif, misalnya sektor transportasi dan bantuan sosial untuk mempercepat proses penerimaan dan perluasan akses.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan keuangan inklusif Strategi Nasional Keuangan Inklusif, yaitu 75 persen banked people di 2019," jelasnya.

BI terus mendorong pergeseran perilaku transaksi masyarakat dari tunai ke non-tunai melalui empat strategi elektronifikasi. Penyediaan layanan keuangan bagi TKI sebagai bagian dari program Desa Migran Produktif.