Senin, 20 November 2017 10:54 WITA

Laporan Rakyatku.com dari Jakarta

Jurnalis Media Online Dominasi Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jurnalis Media Online Dominasi Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Bank Indonesia mengundang 580 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia. Ratusan wartawan itu mengikuti Pelatihan Wartawan Daerah yang digelar di Jakarta, Senin-Selasa (20-21/11/2017).

Hampir setengah dari seluruh peserta merupakan pewarta dari media online. Berdasarkan catatan Bank Indonesia sebagai penyelenggara, jumlah wartawan online yang ikut mencapai 223 orang. Sementara itu, dari media cetak hanya 181, media radio 120 orang, dan jurnalis TV 56 orang. 

Bukan tanpa alasan, Bank Indonesia (BI) mengundang lebih banyak wartawan online sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat muda yang bakal menjadi sasaran BI kedepannya.

"Apalagi, anak-anak muda saat ini merupakan digital native. Yang terbiasa dan sangat akrab dengan media digital hingga media sosial. Bayangkan saat mereka ditanya soal sumber beritanya, mereka lebih sering menyebutkan line today," kata Asisten Gubernur BI, Dyah Nastiti dalam sambutannya sebelum membuka pelatihan.

Dia melanjutkan, tren pencari informasi di media digital lebih banyak menginginkan memperoleh informasi dari gambar. Untuk itu, BI akan lebih banyak menghadirkan gambar dan infografis sebagai bentuk informasi.