Sabtu, 18 November 2017 12:32 WITA

JK Groundbreaking Pusat Penelitian Kakao di Pangkep

Editor: Mulyadi Abdillah
JK Groundbreaking Pusat Penelitian Kakao di Pangkep
Foto: Azwar

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Jusuf Kalla (JK) melakukan peletakan batu pertama Pusat Penelitian dan Pengembangan Kakao PT Mars Symbioscience Indonesia di Kelurahan Attang Salo, Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep, Sulsel, Sabtu (18/11/2017).

JK didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman berserta Dewan Direktur PT (Board of Director) Mars, Inc. Frank Mars.

Pusat penelitian seluas 95,2 hektare itu diharapkan menjadi pusat pengembangan yang menghasilkan kakao unggul dan tahan lama.

"Ini terbesar ke dua di Indoensia, dibangun oleh Mars karena prinsip mutualitas," ungkap Dewan Direktur Mars, Frank Mars.

Mars menjelaskan, kakao telah membuka lapangan pekerjaan bagi 6,5 juta keluarga petani di seluruh dunia. Namun, 40 persen produksi yang ada menurun karena serangan hama, penyakit dan praktik pertanian yang kurang tepat.

Mars juga mendirikan pabrik kakao di Makassar. Hasilnya berupa produk dengan beberapa merek yang dipasakan termasuk Snicker's, Dove, Wrigley's, Whiskas, Pedigree dan Royal Canin.