Selasa, 14 November 2017 16:28 WITA

IndonesiaNEXT Bekali Millennials Hadapi Persaingan Global

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
IndonesiaNEXT Bekali Millennials Hadapi Persaingan Global
Telkomsel menyelenggarakan IndonesiaNEXT 2017 di Unhas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Telkomsel kembali menyelenggarakan IndonesiaNEXT 2017. Kegiatan ini merupakan program sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif. 

Mengusung tema “Get Ready to Be The Next”, IndonesiaNEXT 2017 menggelar roadshow di enam kota, salah satunya di Makassar. Di Makassar, Roadshow ini digelar di Unhas, Selasa (14/11/2017). 
 
Roadshow IndonesiaNEXT 2017  diisi dengan rangkaian acara berupa seminar, yang akan memberikan inspirasi bagi para mahasiswa. Kemudian adapula pelatihan kompetensi dan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional. 

Di Makassar sendiri, IndonesiaNEXT menghadirkan pembicara terbaik yang akan memberikan inspirasi bagi para mahasiswa. 

Selain itu, mahasiswa juga akan mengikuti kelas pelatihan kompetensi dan program ujian sertifikasi di tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Fajar.  

IndonesiaNEXT Bekali Millennials Hadapi Persaingan GlobalDi tahun 2016 sekira 3.800 peserta dari 344 kampus negeri dan swasta di seluruh Indonesia telah mengikuti program sertifikasi, yang didukung oleh berbagai lembaga sertifikasi terpercaya, baik skala nasional maupun internasional.  
 
Vice President ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu mengatakan, Saat ini millennials memiliki tantangan yang cukup besar dalam dunia kerja, mengingat persaingan yang sangat kompetitif. 

"Untuk itu program IndonesiaNEXT kami hadirkan untuk dapat menjawab kebutuhan tersebut, dimana sertifikasi merupakan salah satu modal mereka ketika memasuki dunia kerja. Melalui pengembangan kemampuan dan pengetahuan, kami harap hal ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa, bahkan hingga ke tingkat global,” ujanya. 
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program IndonesiaNEXT, akan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). 

Pada tahap akhir program, akan dipilih 30 peserta terbaik tingkat nasional yang berkesempatan untuk mengikuti program magang di Telkomsel. Selain itu, lima peserta terbaik akan mendapatkan short course di salah satu perusahaan ternama di luar negeri.  
 
Seminar yang digelar ini diharapkan akan membuka wawasan peserta, untuk memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi. Agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global. 
 
Sementara itu dalam sesi pelatihan untuk sertifikasi, para peserta IndonesiaNEXT 2017 akan mendapatkan pelatihan yang mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan perangkat lunak, serta kemampuan dalam berkomunikasi. Pelatihan yang akan berlangsung selama 3 hari ini, akan memperkenalkan mahasiswa berbagai skill dan knowledge terkini terkait berbagai bidang, seperti manajemen, ekonomi, teknologi informasi, sistem komputer, hingga multimedia.