Minggu, 12 November 2017 19:11 WITA

Menjanjikannya Peluang Bisnis Perkutut

Editor: Almaliki
Menjanjikannya Peluang Bisnis Perkutut
Kandang burung undin

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Untuk Anda yang saat ini berniat ingin menjadi pengusaha, namun masih bingung mencari jenis usaha yang ingin digeluti. Mungkin usaha ternak burung perkutut, bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan.

Sebab beternak salah satu burung yang diminati suaranya tersebut, diklaim sangatlah mudah dari segi pakan dan perawatan.

Dari segi pakan, burung ini tidak seperti burung lain yang harus diberi pakan khusus atau jenis pakan tertentu saja.

Burung ini biasanya diberi pakan jagung yang lebih mudah didapatkan. Harganya pun terjangkau, yaitu Rp3 ribu per liter untuk 2 minggu, sampai satu bulan.

"Pakan lain yang biasanya diberikan adalah pelet dengan kisaran harga 5000 sampai 10000 yang bisa didapatkan di pasar," ungkap salah seorang peternak burung perkutut, Undin (40), di Desa Soga Kecamatan Marioriwawo, Minggu (12/11/17).

Selain pakan, dari segi perawatan, burung ini juga terbilang sederhana. Cukup dengan rutin memberikan pakan dan menjaga kondisi telur yang tengah dibuahi oleh betina. "Untuk saat ini, saya memiliki sekitar 40 pasang burung perkutut."

Dari tahun 2004, dirinya mengaku telah menjual sebanyak 1.300 ekor burung. Hal itu terlihat dari nomor seri yang terpasang di setiap ekor burung.

Untuk harganya sendiri, burung bersuara merdu tersebut, pada saat berumur 2 bulan, sudah bisa dijual dengan harga 250 ribu hingga Rp1,5 juta rupiah, tergantung suara yang dihasilkan.

"Untuk distribusinya, saya jual di Pasar Hobi yang terletak di Jalan Toddopuli Makassar," tukasnya.