Senin, 06 November 2017 18:28 WITA

Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melambat Lagi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melambat Lagi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan kembali mengalami perlambatan. Pada triwulan III 2017 pertumbuhan ekonomi Sulsel hanya mencapai 6,25 persen. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Perlambatan tersebut  bahkan terjadi sejak awal tahun. Secara berturut-turut ekonomi Sulsel turun dari 7,52 persen pada triwulan I menjadi 6,63 persen di triwulan II. Pada triwulan III 2017, angka tersebut kembali turun  menjadi 6,25 persen.

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam mengatakan,  ada beberapa indikator yang membuat perekonomian  Sulsel kembali melemah. Salah satunya adalah nilai ekspor yang terus menerus mengalami penurunan sejak tiga bulan lalu.

"Karena salah satu komoditi ekspor Sulsel yaitu kakao yang share-nya mencapai 10 persen itu kita tidak ekspor lagi. Permintaan turun," katanya.

Selain itu, yang mengalami perlambat adalah industri keuangan dan asuransi yang tumbuh hanya 4,8 persen padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya, sektor ini tumbuh hingga 12 persen.