Rabu, 27 September 2017 20:54 WITA

Telkomsel Hadirkan Aplikasi Digital Berbasis Solusi Masalah Perkotaan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Telkomsel Hadirkan Aplikasi Digital Berbasis Solusi Masalah Perkotaan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Telkomsel membuktikan komitmennya untuk memberi dukungan pada startup digital hasil ciptaan anak muda Indonesia. Dukungan itu terwujud dengan digelarnya The NextDev Academy, yang merupakan ajang untuk mengasah dan mempertajam aplikasi besutan startup lokal finalis The NextDev 2015 dan 2016.

"Telkomsel Nextdev bermula dari kegiatan kita Telkomsel digital creative Indonesia yang menjaring aplikasi start up tapi dengan tema yang bebas pada tahun 2014 lalu," kata Lead Project Manager The NextDev Telkomsel, Steve Saerang.

Menurut Steve Saerang, besarnya animo anak muda Indonesia terhadap kegiatan Telkomsel Digital Creative Indonesia, membuat Telkomsel mencoba mengerucutkan aplikasi digital. Utamanya dalam upaya mengembangkan aplikasi yang berkaitan erat dengan konsep smart city.

"Jadi para peserta diharapkan mampu menemukan permasalahan yang ada di kota masing-masing untuk kemudian ditemukan solusinya berupa aplikasi digital," jelas Steve.

Steve melanjutkan, besarnya animo para pengembang aplikasi di sejumlah kota besar di Indonesia, terlihat dari jumlah ID aplikasi yang terdaftar yaitu hanya sekitar 400 ID pada tahun 2015 dan naik menjadi 1.000 ID pada tahun 2016 lalu.

Ia menjelaskan, para finalis Nextdev 2015 dan 2016 telah melalui serangkaian pelatihan hingga 6 bulan lamanya untuk mengembangkan portofolio bisnisnya.

"Jadi setelah berhasil mengembangkan aplikasi. Para finalis di karantina selama 6 bulan untuk menyusun sistem bisnis nya secara global. Bagaimana aplikasi yang telah dibentuk ini dapat bermanfaat dan memiliki nilai jual," katanya.

Menurut Steve, 10 finalis yang akhirnya lolos dari tahap karantina inilah yang akan diajak berkeliling kota untuk memberikan motivasi dan inspirasi untuk generasi nextdev selanjutnya yang akan memasuki tahap penjaringan di tahun 2017.