Kamis, 26 Mei 2016 09:09 WITA

Ini Keuntungan Gabung di Pasar Modal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Keuntungan Gabung di Pasar Modal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasar modal menjadi alternatif bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan pendanaan jangka panjang. Ini menjadi bahasan utama dalam Business Gathering Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertajuk Pasar Modal Sebagai Alternatif Pembiayaan yang digelar di Novotel Makassar Grand Shayla, kemarin.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai fasilitator mengundang perusahaan-perusahaan potensial dan telah memenuhi kriteria untuk bergabung dan menjual saham di bursa efek sehingga dapat go public atau listing di pasar modal.

Kepala Perwakilan BEI Wilayah Makassar, Fahmin Amirullah mengatakan, jika suatu perusahaan ingin mendapatkan pendanaan jangka panjang, perusahaan bisa mengambil alternatif fundraising dengan penerbitan saham, obligasi, sukuk, EBA, REITs, dan lain-lainnya.

"Melalui alternatif ini, perusahaan yang memerlukan dana tidak harus selalu bersandar pada perbankan saja, tetapi bisa menjual dan membeli saham di pasar modal," jelas Fahmi.

Fahmi menambahkan, melihat dari insfratuktur, BEI memiliki peranan sebagai fasilitator di pasar modal Indonesia. Sehingga apabila sebuah perusahaan dapat go public atau listing di pasar modal, maka perusahaan tersebut akan memperoleh banyak manfaat.

"Manfaat perusahaan melakukan go-publik, antara lain memperoleh akses pendanaan dari pasar saham dan tambahan kepercayaan untuk mendapatkan pinjaman, meningkatkan image perusahaan, lebih profesional, mendapatkan strategi partner, karyawan dengan loyalitas tinggi, serta insentif pajak untuk meningkatkan profit," kata dia.