Kamis, 31 Agustus 2017 22:40 WITA

Pemerintah Rilis Aturan Kemudahan Berusaha

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemerintah Rilis Aturan Kemudahan Berusaha
Presiden RI, Joko Widodo saat berkunjung di Makassar beberapa waktu lalu

RAKYATKU.COM - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Kemudahan Berusaha. Regulasi ini diharapkan bisa memudahkan pengembangan usaha.

Hal itu sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi yang efisien.

"Awal tahun depan, Januari dan Februari kita harus miliki satu gedung yang khusus urusan perizinan. Seluruh perizinan harus satu gedung, sekali mengajukan urus satu gedung itu," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pencatatan perdana efek beragun aset mandiri JSMR01 surat berharga hak atas pendapatan tol Jagorawi (EBA Kelas A) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (31/8/2017).

"Ini sistem aplikasi pengurusan ini harus disiapkan. Semua harus diurus oleh Single Submission ini," tambah Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, kebijakan ini bertujuan untuk menerapkan sistem perizinan yang terintegrasi. 

“Selain itu, kebijakan ini bertujuan menyelesaikan hambatan dalam proses pelaksanaan serta memanfaatkan teknologi informasi melalui penerapan sistem perizinan terintegrasi (single submission),” jelasnya.

Dikutip dari siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, melalui kebijakan ini, pemerintah ingin mempercepat proses penerbitan perizinan berusaha sesuai dengan standar pelayanan, memberikan kepastian waktu dan biaya dalam peroses perizinan dan meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda).