31 August 2017 14:32 WITA

Back Vapor Hadir Lagi di Pasar Segar Panakkukang

Editor: Andi Chaerul Fadli
Back Vapor Hadir Lagi di Pasar Segar Panakkukang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bisnis rokok elektronik atau vaporizer menggeliat lagi di Indonesia. Tak hanya sebagai medium peralihan rokok konvensional, aroma liquid juga menjadi faktor pendorong bisnis ini kian bersinar.

Bisnis vapor dan liquid turut menjamur. Salah satunya Back Vapor yang mulai dirintis lagi setelah vacum sejak 2015 lalu.

"Kita kembali merintis usaha yang sempat vacum setelah melihat animo masyarakat yang mulai melirik rokok elektrik lagi," kata salah satu owner Back Vapor, Surya kepada Rakyatku.com, Kamis (31/8/2017).

Bisnis rokok elektrik pertama kali masuk di Indonesia pada medio 2013. Namun sektor usaha ini mengalami pasang surut.

Surya menjelaskan, bisnis rokok elektrik dan liquid mengepul lagi sejak diadakannya Makassar International Vape Expo sejak tahun lalu.

Saat ini, Back Vapor mengambil tempat di pelataran Koffiehuiss, komplek Pasar Segar Panakukkang Ruko RA 001. Dalam mini etalasenya, Back Vapor menawarkan beragam liquid dari pabrikasi lokal maupun dari internasional.

"Saat ini kita menawarkan beberapa produk (liquid) lokal. Juga ada internasional dari US (Amerika Serikat). Kita pasarkan dengan harga rata-rata, seperti 100 ribuan ke atas," jelas dia.

Tak hanya menjajakan liquid, Back Vapor juga menawarkan beragam kapas dan kawat (coil) untuk penikmat rokok elektrik. "Harganya beragam tergantung jenis kapas. Macam-macam, ada yang 50 ribuan per bungkus," jelas dia.

Sejak dibuka sepekan lalu, permintaan akan liquid cukup tinggi, kata dia. "Kita sudah kirim beberapa ke daerah di luar Sulawesi, seperti Papua. Tergantung permintaan," ujarnya.

Sementara penjualan di kawasan Pasar Segar diakui cukup tinggi. Dalam sehari, kata dia, ada satu liquid yang laris. "Kita juga masih baru memulai lagi, jadi masih sedikit permintaan. Untuk ukuran usaha rintisan, kita cukup percaya diri," tambahnya.