29 August 2017 15:28 WITA

Merger Bank Ekonomi, HSBC Resmi Jadi Bank Nasional

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Merger Bank Ekonomi, HSBC Resmi Jadi Bank Nasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  HSBC menjadi bank internasional pertama yang mengintegrasikan Kantor Cabang Bank Asing (KCBA) dengan anak usaha lokalnya, yakni PT Bank Ekonomi Raharja. Dengan demikian, HSBC kini menjadi bank lokal dengan nama PT Bank HSBC Indonesia. 

Integrasi HSBC dengan Bank Ekonomi ini menjadi langkah baru dalam sejarah panjang HSBC, yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1884, lebih dari 130 tahun silam.

"Kami sangat bangga menjadi bank asing pertama yang disetujui oleh OJK dan BI untuk mengintegrasikan cabang asing dengan bank lokal," kata Managing Director Global Market PT Bank HSBC Indonesia, Ali Setiawan.

Ali menjelaskan, saat ini dengan integrasi yang dilakukan, PT HSBC Indonesia telah memiliki aset hingga USD10 miliar. Sementara itu, untuk investasi digelontorkan Rp14 triliun atau USD1 miliar Dollar.

"Investasi 1 miliar Dollar AS sebagian besar untuk modal sebagai bank BUKU III. Selain itu juga sebagai biaya untuk melakukan onshore sistem pernankan, data center kami bawa dari Hong Kong ke Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya yakin integrasi tersebut akan memberikan hasil besar. Bagi nasabah Bank Ekonomi, manfaat yang diperoleh adalah akses ke produk-produk terbaik kelas dunia, sementara nasabah HSBC akan memiliki akses jaringan yang lebih besar.

Selain itu, lanjut Ali, integrasi HSBC sebagai bank lokal juga didasari optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat. Ali menyatakan, pada tahun 2030 mendatang Indonesia diprediksi menjadi ekonomi terbesar ketujuh dunia.

"Sebagai emerging markets, Indonesia dipandang paling vital dan cerah. Kami ingin menjadi bagian dari itu dan melihat kesempatan yang bagus di Indonesia," tukasnya.