29 August 2017 11:43 WITA

Diskop Makassar dan Indomaret Gelar Seminar UMKM

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Diskop Makassar dan Indomaret Gelar Seminar UMKM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengikuti seminar UMKM yang digelar Indomaret bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Walikota, Selasa, (29/8/2017).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber dari perbankan yang akan mendorong dan mensupport dalam bidang pembiayaan. Pemateri dari akademisi dan dari indomaret sendiri akan fokus pada pembinaan UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Makassar, Evi Aprialty mengatakan, sebanyak 150 pelaku UMKM hadir dalam kegiatan ini. 100 diantaranya merupakan binaan dinas koperasi dan 50 diantaranya adalah binaan Indomaret.

Evi berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini UMKM yang ada di kota Makassar kian siap dalam menghadapi persaingan. 

"Edukasi semacam ini sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM, karena sangat erat kaitannya dengan persaingan apalagi menghadapi era pasar ekonomi Asean," jelasnya.

Sementara itu, Developmnent Manager PT Indomarco Cabang Makassar, Brian Afri Kuncoro mengatakan, dengan mengangkat tema menjadi UMKM yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi MEA, pihaknya berharap UMKM Makassar semakin mampu bersaing dan menembus pasar ritel modern.

"Salah satunya dengan mendapatkan titik-titik potensial di daerah toko Indomaret yang sesuai dengan segmentasi jualannya. Bahkan jika memenuhi syarat produknya bisa masuk ke pasar modern melalui cabang-cabang Indomaret," ungkap Brian.

Brian menambahkan, selain memberikan edukasi melalui seminar, Indomaret juga menunjukkan komitmennya untuk membangun UMKM dengan memberikan bantuan gerobak bagi sejumlah UMKM dan membuka kesempatan untuk UMKM lain menyewa gerobak di cabang-cabang indomaret.