25 August 2017 19:17 WITA

Selangkah Lagi,  Sutra di Soppeng Berjaya Kembali

Editor: Trio Rimbawan
Selangkah Lagi,  Sutra di Soppeng Berjaya Kembali
Kepala Dinas Pertanian Soppeng, Ir Fajar Msi

RAKYATKU. COM, SOPPENG--Setelah melalui proses panjang dan jalan yang berliku. Akhirnya, perjuangan para petani dan perajin Sutera agar ijin impor bibit unggul telur ulat Sutera dari RRC yang selama ini sangat di sukai petani karena produksinya yang berlipat ganda dibanding bibit lokal terkabul.

Dengan keluarnya Ijin Impor ini, para petani dan perajin Sutera Soppeng yang selama ini mulai meninggalkan bidang perseteruan sebagai mata pencaharian, dipastikan akan kembali bergairah dan menjadikan Sutera sebagai mata pencaharian utama.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Soppeng Ir Fajar MSi bahwa sudah ada titik terang Sutra Soppeng akan berjaya kembali.  
 
"Dengan terbitnya Ijin Impor ini dari Dirjen PSKL tanggal 18 Agustus 2017 lalu, Pemlab Soppeng langsung mengimpor sebanyak 300 boks, 75 boks diantaranya akan langsung disebarkan ke petani, sementara 225 boks sisanya disimpan untuk musim berikutnya yang diperkirakan pada bulan Januari mendatang" tuturnya kemarin ,Rabu,  (23/8). 
 
" Tim kami saat ini sementara melakukan pendataan di lapangan. Untuk saat ini, baru 25 Ha lahan Murbei yang betul betul siap dimanfaatkan dan setara dengan 75 boks bibit ulat Sutera. Makanya saya perintahkan tim survey untuk mendata secara real,berapa lahan yang mesti di buka dan berapa yang mesti di perbaiki. Kalau ke 300 boks ini sudah menuai hasil, kami akan mengimpor lagi secara berkesinambungan" urainya.

 


Sementara, terkait keluarnya Ijin Impor ini pemerhati dan penggiat masalah Sutera Andi Massalangka Chaeruddin melalui laman secara khusus mengungkapkan rasa sukacitanya.
 
" Setelah berjuang 13 Bulan 18 hari,ijin ini akhirnya terbit. ijin ini merupakan salah satu penunjang keberhasilan kegiatan persuteraan alam" urainya
 
Dalam laman Facebook-nya, Andi Massal angka Khaeruddin secara khusus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang membantu sehingga Ijin Impor ini akhirnya diterbitkan Pemerintah Pusat.
 
"Mèwakili masyarakat sutera Soppeng, petani.perajin industri maupun yang peduli sutera mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Soppeng.Wabup Soppeng,Assisten II Soppeng. Anggota DPRD SulSel Andi Nurhidayati , Anggota DPR RI Dr H.Andi Jamaro Dulung Msi, Anggota DPR RI Komisi VII.Ir H Muh.Nasyid,Anggota DPR RI Komisi IV, Dr Ir Andi Yuliani Paris yang telah berjuang dan mengawal peroses sampai terbitnya Ijin ini. Begitu juga terima kasih kepada Dirjen PSKL beserta jajarannya yg telah menerbitkan ijin pemasukan telur ulat sutera dari RRC" pungkasnya

Tags