22 August 2017 08:50 WITA

Lazada Latih Pelaku UKM Makassar Berbisnis Online

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Lazada Latih Pelaku UKM Makassar Berbisnis Online
Destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, Lazada, menggelar pelatihan berbisnis online bagi pelaku UKM yang ada di Kota Makassar, Sabtu (19/8/2017). Pelatihan ini merupakan rangkaian program roadshow #UpgradeUKM Lazada yang menyasar 11 kota di seluruh Indonesia. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, Lazada, menggelar pelatihan berbisnis online bagi pelaku UKM yang ada di Kota Makassar, Sabtu (19/8/2017). Pelatihan ini merupakan rangkaian program roadshow #UpgradeUKM Lazada yang menyasar 11 kota di seluruh Indonesia. 

Makassar adalah kota kedua setelah Bandung. Lazada menggandeng Facebook dan SiCepat menggelar program ini. Dihadiri ratusan wirausahawan, termasuk para pedagang dan pengusaha UKM kreatif setempat, acara seminar dan forum edukasi interaktif #UpgradeUKM di Makassar ini mengangkat beragam topik.

Sepert tren belanja online, kiat sukses menjadi penjual online di marketplace, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, dan juga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan berjualan online.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia dalam pembukaan acara membagikan beberapa poin penting agar UKM dapat sukses. 

"Pada dasarnya, kepuasan pelanggan merupakan salah satu alat promosi paling efektif. Kita sebagai wirausahawan kreatif, tidak hanya terus menerus berinovasi dalam menghasilkan produk, menjaga kualitas produk dengan baik, namun juga terus menjaga mutu pelayanan. Pelanggan yang puas akan akan merekomendasikan produk kita ke rekan dan kerabat mereka," bukanya.

Selain itu, sambung Florian, UKM juga perlu mengembangkan bisnisnya ke ranah digital untuk menjangkau potensi konsumen yang tak terbatas. Di Lazada, papar Florian, mendukung UKM melalui program gratis ongkir. Sehingga para penjual dan pedagang di berbagai daerah dapat semakin menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirim. 

"Selain itu, dalam waktu dekat, kami akan membangun gudang di Makassar sebagai bagian dari komitmen kami untuk bertumbuh bersama Indonesia," kata Florian.

Hadir menjadi salah satu narasumber di acara workshop #UpgradeUKM adalah Hamzah dan istrinya. Salah satu seller teladan dari kota Makassar. Pasangan ini telah bergabung di Lazada sejak bulan Oktober 2014. Kurang lebih 2 tahun 10 bulan bersama-sama melayani pesanan dari seluruh Indonesia. 

"Pertumbuhan penjualan toko virtual kami di Lazada sangat stabil. Pada tahun pertama, omzet perbulan mencapai angka 20 jutaan. Sedangkan pada tahun kedua, omzet perbulan mencapai 60 jutaan. Pada tahun ketiga, omzet perbulan kami mencapai 100 jutaan. Rahasia kesuksesan usaha kami adalah jajaran produk kami yang multi-kategori," katanya. 

"Selain itu, kami hadirkan produk unik sesuai keinginan pasar. Kami pun gencar berpromosi di ranah media sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah nyaman tersedia bagi kami," tutur Hamzah.

Pada roadshow #UpgradeUKM di Makassar, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk mendorong potensi dagang usaha mereka serta kiat sukses dari sejumlah seller berpengalaman yang terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada.

Roadshow ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline, diharapkan nantinya mereka mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara online.

Bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi. Dan tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada. Setelah Makassar, kota selanjutnya adalah Medan.