07 August 2017 22:59 WITA

OJK: Jangan Percaya UN Swissindo!

Editor: Sulaiman Abdul Karim
OJK: Jangan Percaya UN Swissindo!

RAKYATKU.COM, PALU - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta warga Sulawesi Tengah untuk lebih waspada terhadap UN Swissindo World Trust International Orbit di wilayah Sulawesi Tengah. UN Swissindo telah beroperasi di hampir seluruh kabupaten/kota di Sulteng.

Dalam operasionalnya, menggunakan modus janji pelunasan utang di lembaga keuangan dan janji pemberian biaya peningkatan kesejahteraan umum atau voucher human obligation.

“Jangan tergiur oleh berbagai janji yang diberikan,” kata Kepala OJK Sulteng Mohammad Syukri A Yunus kepada sejumlah jurnalis  dalam siaran pers bersama pemerintah provinsi, Bank Indonesia (BI), kepolisian, TNI, dan perbankan di kantor Bank Mandiri Palu, Jalan Sam Ratulangi, Senin (7/8/2017).

Ia mengatakan, agar masyarakat tergiur, UN Swissindo mengaku dapat menyelesaikan utang masyarakat. Dengan jaminan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau surat berharga lainnya.

Terkait dengan hal tersebut, BI telah mengeluarkan siaran pers Nomor 18/70/Dkom tanggal 30 Agustus 2016 yang menyatakan bahwa SBI/surat berharga lainnya yang diklaim dimiliki oleh UN Swissindo adalah palsu dan merupakan penipuan yang mencatut nama BI.

Tags
OJK