01 August 2017 13:14 WITA

Gara-gara Tiket Pesawat, Inflasi Sulsel Capai 0,93% di Juli

Editor: Andi Chaerul Fadli
Gara-gara Tiket Pesawat, Inflasi Sulsel Capai 0,93% di Juli
Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam (kiri) saat merilis Berita Resmi Statistik. (Foto: Hikmah/Rakyatku)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat bahwa inflasi pada Juli mencapai 0,93 persen. Kendati lebih rendah dari bulan sebelumnya, angka itu masih cukup tinggi dipengaruhi oleh imbas arus balik mudik lebaran. 

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam mengatakan, penyumbang inflasi tertinggi adalah angkutan udara, dimana harga tiket pesawat yang menggunakan tarif batas atas menyumbang inflasi hingga 0,3 persen. 

"Ini erat kaitannya dengan musim arus balik yang masih terjadi di awal Juli," katanya dalam konferensi pers yang digelar di kantor BPS Sulsel, Jalan Haji Bau, Selasa (1/8/2017).

Selain tiket Pesawat BPS mencatat 9 komoditi lain yang menjadi penyumbang inflasi diantaranya,  tomat buah, tomat sayur, ikan bandeng, bawang merah, daging ayam ras, kangkung, ikan cakalang, ikan layang dan cabe rawit. 

Nursam melanjutkan, jika diliht penyebab inflasi berdasarkan kelompoknya , kelompok yang diatur pemerintah justru menyumbang inflasi tertinggi. Dimana, kelompok yang diatur pemerintah mengalami inflasi 2,02 persen. Sedangkan dua kelompok lainnya, yaitu komponen inti dan komponen bergejolak masing-masing tumbuh 0,27 dan 1,97 persen