01 August 2017 08:50 WITA

Pertamina-KKP Gandengan Perkuat Ekonomi Kelautan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pertamina-KKP Gandengan Perkuat Ekonomi Kelautan
ilustrasi

RAKYATKU.COM - PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai mengupayakan langkah-langkah memperkuat ekonomi kelautan. Upaya itu ditandai dengan kerjasama dua lembaga ini ini yang berlangsung di Jakarta Pusat, kemarin.

Direktur Utama Pertamina, Massa Manik mengatakan, Pertamina akan mendukung Pemerintah memperkuat program ekonomi kelautan, baik dari sisi penyediaan BBM untuk nelayan, sharing tentang sistem pemasaran, dan dukungan permodalan melalui program kemitraan. 

"Kami tentunya berbahagia bisa menjadi satu bagian yang ikut mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jumlah pulau kita, 17 ribu lebih dengan garis pantai hampir 81 ribu ini merupakan satu wilayah dengan potensi yang harus digali lebih jauh lagi," ujar Massa Manik, dikutip dari keterangan resmi Pertamina.

Sebagai sumber energi bagi bangsa ini, lanjut Massa Manik, Pertamina mengemban tugas untuk menjamin kebutuhan energi nasional. Agar pembangunan tetap berkelanjutan, maka suplai energi tidak boleh terganggu. 

Karena bila pembangunan nasional terganggu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa reputasi bangsa Indonesia juga akan terganggu dan akan kalah bersaing dalam persaingan global. 

“Pertamina sangat membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam rangka memperkuat pondasi perusahaan dalam rangka mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki masing-masing pihak untuk keuntungan bersama,” jelasnya.
 
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menilai, kesepakatan bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan menjadi tahapan penting untuk mengembangkan perekonomian nasional. "Penandatangan MoU antara Pertamina dan KKP ini adalah salah satu step dalam pelaksanaan realisasi dari pengembangan industri perekonomian Indonesia di bidang perikanan," kata Susi.