28 July 2017 16:42 WITA

Pemerintah Dorong Perkembangan Perbankan Syariah

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemerintah Dorong Perkembangan Perbankan Syariah

RAKYATKU.COM - Saat ini, Indonesia sebenarnya telah memiliki institusi keuangan syariah dengan jumlah terbanyak di dunia. Terdapat 34 bank syariah, 58 operator takaful (asuransi syariah), 7 modal ventura syariah, lebih dari 5.000 lembaga keuangan mikro syariah, dan lebih dari 23 juta pelanggan. 

Kondisi ini menjadikan peluang pengembangan perbankan syariah di Tanah Air masih terbuka lebar.

"Saya yakin jika industri keuangan syariah betul-betul kita dorong maka keuangan syariah dapat menjadi salah satu solusi utama dalam pembiayaan pembangunan di negara kita, baik pembangunan ekonomi umat, infrastruktur, jalan, jembatan, pelabuhan, pembangkit listrik, maupun dalam pembiayaan program pengentasan kemiskinan, serta mengurangi ketimpangan sosial," kata Presiden Jokowi, belum lama ini.

Dikutip dari situs Kemenag, Jokowi berharap pasar perbankan syariah di Tanah Air mampu berkembang lebih banyak lagi. Saat ini, berdasarkan data yang ada, pasar perbankan syariah untuk tahun 2016 baru mencapai 5,3 persen terhadap seluruh aset industri perbankan nasional.

"Padahal dengan modal kekuatan populasi umat Islam terbesar di dunia, sudah seharusnya dan sudah sepantasnya Indonesia menjadi yang terdepan, menjadi pemimpin, dan menjadi pusat keuangan syariah dunia," kata dia.

Tengok saja, Arab Saudi yang pasar perbankan syariahnya mencapai 51,1 persen, Malaysia yang mencapai 23,8 persen, dan Uni Emirat Arab yang mencapai 19,6 persen. Inilah peluang yang menurutnya harus dapat dimanfaatkan.

"Jangan sampai nantinya justru dimanfaatkan oleh negara lain," ia menambahkan.

Saat ini sejumlah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) di Indonesia telah membuka program studi yang secara khusus terkait dengan pengembangan keuangan syariah. Sebut saja ada Program Studi Ekonomi Syariah dan Program Studi Perbankan Syariah yang semakin tahun semakin diminati calon mahasiswa dari alumni madrasah dan sekolah umum.